nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menyusul Indonesia, Datsun Juga Tumbang di Rusia

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 04 Desember 2019 16:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 04 52 2137921 menyusul-indonesia-datsun-juga-tumbang-di-rusia-iwtrXuwcKM.jpg Model Datsun GO tidak akan lagi dijual mulai 2020 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Penghentian operasi penjualan Datsun di Indonesia resmi akan dilakukan mulai tahun depan, begitu juga dengan kegiatan produksi di Purwakarta, Jawa Barat. Keputusan tersebut dilakukan induk perusahaan Datsun, Nissan, untuk membangun kembali strategi usaha secara global.

Kegiatan operasi Datsun di Indonesia sebenarnya merupakan basis produksi jenama tersebut untuk kawasan Asia Tenggara. Namun, seiring menurunnya skala penjualan akibat ketatnya pasar kendaraan perkotaan juga minimnya penyerapan produk di pasar ekspor memaksa Datsun mundur dari pasar otomotif lokal.

 Datsun

Nasib serupa terjadi dengan unit operasi Datsun di Rusia, yang menjadi basis produksi kendaraan tersebut untuk kawasan Russia, Kazakhstan, Belarusia, dan Lebanon. Fasilitas pabrik yang dikelola oleh AvtoVAZ terpaksa mengalihkan utilitas produksinya untuk model kendaraan lain.

Beralihnya selera pasar global terhadap kendaraan perkotaan berukuran kecil menuju mobil berjenis SUV, diduga menjadi pemicu kegagalan operasi bisnis Datsun di sejumlah negara. Data menunjukkan penjualan Datsun di Rusia selama 2018 mencapai kisaran 20.000 unit, menurun 20 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Pengalihan fasilitas produksi strategis di Indonesia sendiri dialihkan menjadi pabrik perakit komponen mesin untuk model Nissan Livina. "Mesin kendaraan tersebut akan dibuat dalam fasilitas dalam negeri setelah tadinya impor," kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Ditjen ILMATE Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika.

Setelah tersungkurnya unit usaha di Indonesia dan Rusia, kini operasi penjualan Datsun sendiri masih tersisa di India. Seperti dilansir dari laman Nikkei, model baru keluaran Datsun akan segera diperkenalkan di India seiring dimulainya kegiatan produksi di Pakistan.

 Datsun

Sebagai informasi, jenama Datsun sendiri dihidupkan melalui ide mantan pimpinan Nissan Global, Carlos Ghosn, pada 2013 lalu. Setelah terjerat skandal keuangan dan ditangkap pada tahun lalu, Ghosn dilengserkan oleh Nissan hingga akhirnya langkah pembaruan serta efisiensi bisnis dilakukan menjelang 2020.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini