nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Model Harley Davidson yang Sebabkan Dirut Garuda Dipecat

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 05 Desember 2019 19:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 05 53 2138457 mengenal-model-harley-davidson-yang-sebabkan-dirut-garuda-dipecat-fgomgAzAVT.jpg Harley Davidson Shovelhead 1970 yang diselundupkan dalam pesawat Garuda Indonesia (Foto: Okezone.com/Giri Hartomo)

JAKARTA - Dugaan penyelundupan sepeda motor Harley Davidson dalam penerbangan Garuda Indonesia mulai terungkap. Model motor yang diduga menjadi pesanan Direktur Utama Garuda Indonesia, Ari Askhara, adalah Harley Davidson FLH Shovelhead 1970.

Varian ini masih termasuk dalam keluarga Harley Davidson bermesin V-Twin OHV selain Knucklehead dan Panhead. Sebutan mesin Shovelhead sendiri berasal dari bentuk kepala silinder mesin motor ini yang berbentuk seperti bagian belakang sebuah sekop.

 Harley Davidson

Mesin silinder ganda berpendingin udara ini memiliki kapasityas 1.310 cc empat tak. Kekuatan maksimal dari motor ini mencapai 66 Hp pada putaran mesin 5.600 rpm. Komponen yang menjadi pembeda dari model ini adalah pemakaian alternator serta penggantian komponen timing case.

Pengenalan motor dengan desain kepala silinder baru tersebut dilakukan Harley Davidson pada 1966. Penempatan silinder mesin ganda itu dilakukan dengan sudut 45 derajat sekitar crankshaft dengan bore x stroke 88,85 x 107,95 mm.

Dalam keterangan pers yang dilakukan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, terlihat motor yang dimaksud memiliki kelir dominan merah dengan aksen putih. Harga jual motor Harley Davidson FLH Shovelhead sendiri, berdasar informasi dari berbagai sumber, diperkirakan mencapai Rp800 juta.

Menurut informasi awal dari Bea cukai Soekarno Hatta menyebut motor ini dikemas dalam paket terpisah menjadi 15 boks besar berwarna cokelat. Komponen tersebut disita karena tidak dilaporkan sebagai barang bawaan resmi dalam penerbangan perdana tersebut.

 Harley Davidson

Hasil investigasi penemuan dugaan penyelundupan sepeda motor Harley Davidson itu disampaikan oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani, pada Kamis (5/12/2019). Pada saat bersamaan, Menteri BUMN, Erick Thohir juga menyampaikan pemecatan Ari Askhara dari jabatannya sebagai Dirut Garuda Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini