Begini Cara Daihatsu Bidik Konsumen Muda di Tanah Air

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 17:57 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 06 52 2138874 begini-cara-daihatsu-bidik-konsumen-muda-di-tanah-air-FMUjerzcCb.jpg Daihatsu Festival targetkan konsumen kalangan muda (foto: ist)

JAKARTA - Mendongkrak pasar untuk konsumen generasi muda diupayakan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam periode akhir 2019. Salah satunya dengan kegiatan bertajuk Daihatsu Urban Fest yang resmi dibuka pada Jumat (6/12/2019) di pusat perbelanjaan kawasan Tebet, Jakarta. Acara masih akan berlangsung sepanjang akhir pekan hingga Minggu 8 Desember 2019 mendatang.

Menghadirkan sejumlah pojok berfoto bertemakan merek Daihatsu seperti Terios 7 Wonders, Photo Box Confetti Daihatsu Funday, hingga trampoline photo shoot corner Daihatsu Astec Open. Acara ini bermaksud mendekatkan program serta produk ADM kepada generasi muda sebagai konsumen potensial.

 Daihatsu Festival targetkan konsumen muda

Ragam acara seperti pertandingan e-sport, gelaran musik akustik, hingga talkshow dengan narasumber selebritas populer Gofar Hilman berupaya membangun merek Daihatsu. "Acara ini menjadi kali pertama kami selenggarakan dan harapannya kaum milenial bisa percaya dengan brand Daihatsu sekaligus mengembangkan pasar," ujar Marketing & CR Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation, Hendrayadi Lastiyoso.

 Daihatsu Festival targetkan konsumen muda

Secara khusus Daihatsu menyediakan varian kendaraan dengan tujuan pasar khusus pemilik pemula atau pangsa pasar generasi muda. "Sebenarnya bisa dilihat dari pemasarannya ada Sirion dan Ayla bermesin 1.2 L, menyasar khususnya generasi dan keluarga muda. Tetapi kita masih survei dulu seberapa besar potensi pasar generasi muda ini," kata Hendrayadi.

Survei terkait kebutuhan produk kendaraan generasi muda bagi Daihatsu sendiri tidak secara khusus mengarahkan kepada sebuah produk. Bahkan, dari sebuah survei yang dilakukan ADM terlihat ada karakter serta aspirasi khusus para pembeli kendaraan roda empat pemula atau usia muda ini.

 Daihatsu Festival

Para calon pembeli melihat adanya kebutuhan kendaraan roda empat sebagai sebuah rencana jangka panjang. "Konsumen muda merasa lebih praktis menggunakan kendaraan seperti taksi online ketika lajang. Namun, ada keinginan memiliki mobil saat sudah merasa mapan dan memiliki keperluan," ujar Corporate Planning & Communication Division Head ADM, Elvina Afny.

Secara kemampuan finansial pengguna kendaraan umum, termasuk taksi online, memiliki potensi memperoleh mobil dengan sistem kredit. "Konsumen usia muda ini menjadi bagian dari 70 persen pembeli mobil pertama yang memilih merek Daihatsu. Terlepas dari kecenderungan model pilihannya, sejauh ini studi terbatas yang kita lakukan memvalidasi kebutuhan tersebut," kata Elvina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini