nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temuan Masalah Baru Airbag Takata, Berpotensi Recall Kembali

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 09:13 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 52 2139554 temuan-masalah-baru-airbag-takata-berpotensi-recall-kembali-kEDEzHEdhb.jpg Ilustrasi komponen airbag pada mobil (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Perintah penyelidikan terhadap kemungkinan penarikan kembali (recall) dikeluarkan Kementerian Transportasi Jepang, pekan lalu. Penyebabnya adalah temuan masalah baru pada komponen airbag buatan perusahaan Takata, yang kini sudah tidak lagi beroperasi, dengan potensi menyebabkan insiden fatal.

Awal diketahuinya malfungsi pada komponen airbag tersebut, didasarkan pada insiden tabrakan di Australia hingga mengakibatkan korban tewas. Dilansir dari laman Japan Times, model komponen airbag ini berbeda dari produk buatan Takata yang menyebabkan recall skala besar sebelumnya.

 Airbag

Komponen pengembang airbag tersebut disebut memiliki periode pembuatan 1995 hingga 1999. Dalam kasus kerusakan komponen terkini, airbag yang dimaksud meledak saat terjadi benturan sampai melontarkan pecahan metal yang melukai pengguna. Sampai saat ini belum dapat diketahui alasan pasti kerusakan fatal tersebut.

Kementrian Transportasi Jepang diketahui mengirimkan perintah recall kepada tujuh produsen dengan dugaan menggunakan komponen airbag serupa. Daftar produsen tersebut adalah Toyota Motor, Honda Motor, Mazda Motor, Suzuki Motor, Mitsubishi Motor, Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corp, dan unit BMW Jepang.

Seluruh produsen diminta melaporkan inisiatif penarikan kembali kepada otoritas di Jepang, jika sudah menemukan kasus masalah seperti dimaksud. Walaupun kasus meledaknya airbag tersebut sampai saat ini belum terjadi ataupun dilaporkan di wilayah Jepang.

Informasi ini berawal dari temuan produsen BMW AG di Australia terhadap insiden kemungkinan meledaknya komponen airbag secara berbahaya. Insiden lain yang cukup serius juga terjadi sebelumnya di negara tersebut tanpa berakibat pada korban jiwa, sampai laporan serupa ditemukan di Amerika Serikat dan Siprus.

 Airbag

Komponen airbag buatan Takata sendiri disebut menjadi salah satu yang banyak digunakan produsen asal Jepang. Berdasarkan informasi sumber Japan Times dari otoritas setempat, 150.000 mobil dengan komponen airbag Takata digunakan oleh konsumen di negara tersebut sampai saat ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini