nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguak Kopi yang Bisa Dibuat Komponen Mobil

Mufrod, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 09 52 2139701 menguak-kopi-yang-bisa-dibuat-komponen-mobil-W43yQTQu5f.jpg Komponen mobil dikembangkan gunakan limbah kopi (foto: ist)

MICHIGAN - Ditengah gencarnya gerai kopi yang ada di Indonesia belakangan ini, ternyat kopi bisa dikembangkan untuk membuat salah satu komponen mobil. Bahkan diklaim komponen dari kopi tersebut lebih kuat dari penggunaan material yang ada saat ini.

Pengembangan komponen mobil menggunakan kopi untuk pertama kalinya dilakukan produsen mobil asal Amerika Serikat yakni Ford. Bahan yang digunakan dari kopi merupakan limbah dari kulit kopi bekas. Demikian seperti dilansir dari popularmechanics, Senin (9/12/2019).

 Komponen mobil kopi

Selain diklaim lebih kuat, limbah kopi yang digunakan untuk salah satu komponen mobil tersebut juga lebih ringan, sehingga mampu mengurangi bobot dari kendaraan. Dari limbah kopi tersebut, reduksi bobot yang dihasilkan mencapai 20-25 persen dari total bobot kendaraan yang diproduksi.

 Komponen mobil kopi

Untuk menghasilkan komponen mobil tersebut, Ford bekerjasama dengan restoran cepat saji yang terkenal di seluruh dunia. Dimana limbah dari kopi yang terbuang di daur ulang dan dibuat untuk digunakan sebagai komponen di mobil.

Saat ini Ford baru berhasil mengembangkan komponen dari limbah kopi berupa komponen yang terdapat di bagian interior mobil, rumah lampu hingga sistem peredam yang bisa digunakan di bagian kap mobil.

 Komponen mobil kopi

Inovasi penggunaan limbah yang tak terpakai sebelumnya juga pernah dilakukan produsen Ford, dimana botol plastik yang tak terpakai digunakan untuk membuat karpet lantai pada mobilnya. Model yang menggunakan material limbah plastik tersebut, merupakan Ford Ecosport.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini