nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ragam Motor Sitaan Hasil Korupsi KPK, Mulai Kawasaki Ninja hingga Harley Davidson

Medikantyo, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 15:20 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 09 53 2139752 ragam-motor-sitaan-hasil-korupsi-kpk-mulai-kawasaki-ninja-hingga-harley-davidson-BsXyz89vb0.jpg Motor sitaan KPK dari kasus suap Bupati HST (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ketertarikan terhadap kendaraan roda dua juga turut menjadi ihwal sejumlah pejabat publik menerima gratifikasi dari pihak luar. Gambaran ini datang dari unit sepeda motor yang diangkut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai barang bukti kasus korupsi.

Hampir serupa dengan gejala penyitaan kendaraan roda empat sebagai barang bukti oleh KPK, sejumlah motor bermerek mewah tersangkut kasus korupsi yang ditangani lembaga tersebut. Varian sepeda motor tersebut juga beragam mulai dari skuter matik sampai motor gede (moge) buatan Amerika Serikat.

Motor 

Salah satu contoh kasus dengan jumlah penyitaan kendaraan roda dua terbanyak datang turut melibatkan Bupati Hulai Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan. Sepeda motor berbagai jenis dengan total 10 buah dilimpahkan sebagai barang bukti, hingga didatangkan langsung menuju Jakarta.

Motor milik terdakwa mantan Bupati HST, Abdul Latif, tersebut terdiri dari empat buah motor merek Harley Davidson, sebuah motor merek BMW Motorrad, sebuah motor merek Ducati. Kendaraan lain yang disita KPK adalah motor trail keluaran produsen KTM sebanyak empat unit, dengan tipe yang belum diumumkan.

Terdakwa berstatus mantan bupati lain yang motornya menjadi sitaan lembaga antirasuah negara tersebut adalah almarhum Fuad Amin. Salah satu harta milik mantan Bupati Bangkalan tersebut yang disita negara melalui KPK adalah sebuah motor Kawasaki Ninja 250.

Motor tersebut akhirnya laku dilelang dengan angka sekitar Rp25,7 juta bersama sejumlah aset lain pada Mei 2019 lalu. Pada awalnya, KPK menetapkan limit harga motor berwarna hitam metalik tersebut di angka Rp10,56 juta melalui sistem penawaran secara daring alias online.

 Motor Sitaan

Limit lelang tertinggi dari motor sitaan KPK selama akhir tahun ini tercatat pada November 2019 lalu, dengan objek sebuah Harley Davidson Ultra. Motor berkapasitas mesin 1.7 L milik mantan Bupati Labuhan Batu Sumatera Utara dilelang dengan batas harga Rp285,7 juta melalui kantor KPKNL Medan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini