nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bahaya Blind Spot, Mobil Sedan Remuk Terlindas Truk

Ardimo Harsa, Jurnalis · Senin 09 Desember 2019 16:40 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 09 87 2139801 bahaya-blind-spot-mobil-sedan-remuk-terlindas-truk-8MZfUChJnP.jpg Truk lintas mobil sedan saat menikung karena blind spot (foto: Ist)

JAKARTA – Mengemudi di jalan raya tentunya harus memperhatikan berbagai faktor. Selain kondisi kendaraan yang prima, memerhatikan posisi kendaraan di jalan juga sama pentingnya karena bisa saja kendaraan Anda tidak terlihat oleh pengemudi lain, terutama jika tengah berkendara di tengah kendaraan yang lebih besar.

Sebuah video yang tengah viral di sosial media menunjukkan pentingnya memerhatikan wilayah blind spot. Dalam video yang dideskripsikan terjadi di Johor, Malaysia tersebut, terlihat sebuah mobil sedan tengah berhenti di persimpangan jalan dan berada di samping sebuah truk trailer.

 Blind spot truk panjang

Ke dua kendaraan pun terlihat ingin berbelok ke kiri secara bersamaan ketika lampu hijau menyala. Sedan yang berada di sebelah kiri truk tampak berjalan lebih dahulu.

Pengemudi sedan yang kaget kemudian mengerem mendadak untuk memberi jalan kepada truk. Namun, sedan tersebut justru terseret ke dalam kolong truk yang tengah berbelok dan bagian belakang sedan tersebut terlindas oleh roda truk.

 Blind spot truk panjang

Dalam video tersebut terlihat baik pengemudi sedan mau pun truk nampak kurang awas dengan wilayah bilnd spot antar kendaraan. Akibatnya, kecelakaan pun tak dapat terhindarkan.

Pentingnya mengetahui wilayah blind spot kendaraan sendiri dan kendaraan lain juga menjadi sorotan Sumantri. Senior Instructor di Indonesia Defensive Driver Center (IDCC) tersebut menyatakan baik kendaraan kecil dan besar memiliki wilayah blind spot.

Ia mengatakan pengemudi kendaraan kecil harus waspada bila berada di samping kendaraan yang lebih besar seperti truk. “Jarang ada pengemudi kendaraan kecil yang mengetahui titik blind spot kendaraan besar.”

 Blind spot truk panjang

Pria yang telah bergabung di IDCC sejak 10 tahun terakhir pun memberi tips bagi para pengemudi kendaraan kecil untuk mengetahui wilayah blind spot kendaraan besar seperti truk “Selain kiri, kanan, dan bagian depan kendaraan, bagian samping dan semua sisi yang tidak terlihat merupakan titik blind spot.” tegas Sumantri.

Sumantri juga menambahkan jarak minimal yang bisa dilihat oleh pengemudi truk agar pengemudi kendaraan kecil dapat menjaga jarak secara aman “Jarak yang bisa dilihat pandangan pengemudi truk adalah 5 meter ke depan, tergantung tinggi kendaraan” tandasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini