Jajaran Mobil Listrik Termahal yang Masuk Pasar Indonesia

Nizar, Jurnalis · Selasa 10 Desember 2019 16:09 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 10 52 2140251 jajaran-mobil-listrik-termahal-yang-masuk-pasar-indonesia-jWf76ptXkD.jpg Harga mobil listrik di Jakarta (foto: ist)

JAKARTA - Tren mobil yang menggunakan listrik di Indonesia sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat. Pasalnya, mobil ini tidak sama sekali menghasilkan emisi yang berdampak buruk terhadap lingkungan dan cocok untuk keadaan di Indonesia yang beberapa waktu yang lalu salah satu kotanya mendapat predikat udara yang buruk.

Selain lebih hemat dari segi bahan bakar dan ramah lingkungan, namun mobil listrik yang masuk pasar Indonesia masih tergolong mahal. Biaya pajak yang terbilang mahal menjadikan salah satu alasan mengapa mobil ini mempunyai harga yang selangit. Berikut adalah mobil listrik termahal yang masuk ke pasar Indonesia :

 BMW i8 hybrid

1. BMW i8

Mobil yang berbasis di Jerman ini termasuk mobil listrik termahal yang masuk di Indonesia. Di Indoenesia, BMW membanderol mobil ini seharga Rp3.6 miliyar untuk varian i8 coupe dan Rp3.9 miliyar untuk varian i8 roadster.

Untuk spesifikasi, Mobil yang menggunakan mesin 1.499 cc 3 silinder serta dikombinasikan dengan baterai 11.6 kwh dan 2 motor listrik mampu menghasilkan tenaga sebesar 369 hp dan torsi maksimal sebesar 570 nm. Tenaga tersebut disalurkan melalui 8 percepatan otomatis dan digerakkan dengan penggerak 4 roda, BMW mengklaim, mobil ini mampu melesat dari 0-100 hanya dalam 4.4 detik.

 Mercedes Benz EQ

2. Mercedes-Benz E300 EQ Power

Tak hanya BMW dengan i8 nya, rival asal Jerman Mercedes-Benz juga hadir dengan membawa E300 EQ Power dan masuk dalam jajaran mobil listrik termahal yang masuk ke Indonesia. Mobil yang dibekali mesin 2.000 cc dengan turbo dapat menghasilkan tenaga 211 hp dan torsi sebesar 350 nm. Dengan adanya motor listrik, mobil ini mendapat tenaga tambahan sebesar 122 hp dan torsi sebesar 440 nm. Di atas kertas Mercedes mengklaim mampu melesat dari 0-100 hanya dalam waktu 5.7 detik.

Dengan segala macam racikan mesin yang dibuat oleh Mercedes, sedan mewah asal Jerman ini ditaksir sekitar Rp2 miliar.

3. Tesla Model X

Sebuah mobil yang berasal dari pabrikan Amerika Serikat ‘Tesla’, menghadirkan model X untuk bersaing di pasar otomotif Indonesia. Model X yang hadir di Indonesia adalah tipe 75d dengan kapasitas baterai 75 kWh dan jarak tempuh 416 km.

 Mobil listrik Model X

Dengan kapasitas baterai tersebut, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 329 hp dan torsi sebesar 658 nm serta digerakkan melalui penggerak 4 roda. Tesla mengklaim bahwasannya mobil ini mampu melesat dari 0-100 hanya ditempuh dalam waktu 5.2 detik dan kecepatan maksimum yang dihasilkan adalah 209 km/h.

Di Indonesia melalui PT Prestige Image Motorcars, Tesla model X ini dibanderol seharga Rp2.64 miliyar. Harga tersebut tentunya bisa berubah tergantung dengan proses kustomisasi warna eksterior, konfigurasi jok lima penumpang, enam penumpang, atau tujuh penumpang, fitur autopilot, warna interior, dan velg.

4. Tesla Model 3

Meskipun di Amerika Serikat menjadikan Tesla Model 3 menjadi varian yang paling murah, namun setelah masuk ke Indonesia mobil ini terbilang mahal. Dengan adanya biaya pajak yang mahal, menjadikan salah satu alasan mobil ini menjadi mahal harganya.

 Mobil listrik Tesla Model 3

Di varian standarnya, mobil ini dibekali baterai berkapasitas 50 kWh dan mampu bergerak sejauh 350 km. Di segi performa, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 283 hp dan torsi 416 nm. Di atas kertas, Tesla Model 3 ini mampu melesat dari 0-100 hanya ditempuh dalam waktu 5.3 detik.

Dari segi harga, PT Prestige Image Motorcars menjual varian termurah ini seharga Rp1.5 miliar dengan status off the road.

 Mobil BMW i3

5. BMW i3

Tak hanya varian i8 yang tersedia di pasar Indonesia, BMW menghadirkan varian i3 sebagai salah satu jajaran mobil listrik yang masuk di Indonesia. Dengan mengusung baterai berkapasitas 42.4 kWh, mobil ini mampu mencetak tenaga sebesar 170 hp dan mampu melaju sejauh 246 km. Di varian i3s mengusung baterai yang sama dan mampu mencetak tenaga sebesar 184 hp. Masuk pasar Indonesia, BMW membanderol mobil ini mulai dari harga Rp1.299 miliar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini