Konsumsi BBM Suzuki All New Ertiga Bukan Kaleng-Kaleng

Mufrod, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 11 52 2140616 konsumsi-bbm-suzuki-all-new-ertiga-bukan-kaleng-kaleng-WBMFDLqG7x.jpg Suzuki all new Ertiga (foto: okezone)

JAKARTA – Mobil keluarga yang saat ini terus diminati masyarakat, tidak hanya mengandalkan dari segi desain dan kenyamanan saja, efisiensi penggunaan bahan bakar juga menjadi perhitungan saat digunakan dalam perjalanan bersama anggota keluarga. Suzuki All New Ertiga, MPV keluarga andalan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan konsep AMIN (Aman, Mewah, Irit dan Nyaman) tak hanya menawarkan dari segi kenyamanan dan kemewahan saja, namun juga memberikan pengalaman maksimal saat menemani perjalanan keluarga.

Salah satu efisiensi yang diperhatikan saat ini adalah penggunaan bahan bakar. Suzuki All New Ertiga yang dikenal sebagai mobil MPV “Kebanggaan Keluarga” telah teruji irit dan terbukti bukan kaleng-kaleng. Pembuktian konsumsi bahan bakar tersebut, dibuktikan Okezone, ketika menjajal All New Ertiga dengan menempuh jarak 184 kilometer yang dimulai dari kawasan Cikarang menuju Cirebon.

Suzuki All New Ertiga

Pengujian tersebut dilakukan dalam kondisi mengemudi yang normal, dimana mobil diharuskan tetap menggunakan Air Conditioner (AC) dengan kondisi tangki bahan bakar telah disegel dan odometer tercatat. Pengujian konsumsi bahan bakar tersebut dijalani layaknya pengemudi umum lainnya.

Suzuki all new Ertiga

Untuk mampu menghasilkan konsumsi bahan bakar yang efisien, teknik mengemudi menjadi salah satu kunci, salah satunya yang bisa dilakukan pengemudi adalah dengan menjaga kecepatan agar tetap konstan dan mengurangi akselerasi serta deselerasi. Cara lain yang juga harus diperhatikan yakni memerhatikan tekanan udara pada ban, memanaskan mesin dengan tepat, serta tidak membiarkan mesin menyala pada kondisi diam (idle) dengan waktu yang lama.

Untuk menempuh jarak sekira ratusan kilometer melewati jalan bebas hambatan yang terbilang cukup mulus, Suzuki All New Ertiga mencatatkan konsumsi bahan bakar terbaik mencapai 29,43 kilometer untuk penggunaan satu liter bahan bakar pada transmisi matik. Sedangkan untuk transmisi manual memperoleh perbandingan konsumsi bahan bakar mencapai 25,34 kilometer per liter. Konsumsi bahan bakar tersebut diraih dengan cara mengemudi tidak agresif dengan tingkat kepadatan lalu lintas yang normal.

 Suzuki all new Ertiga

Pencapaian bahan bakar tersebut, didapat dengan metode Eco Driving yang tidak hanya menjaga efisiensi bahan bakar, namun tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan. Salah satunya adalah dengan menjaga putaran mesin tak lebih dari 3.000 rpm, menjaga pengendalian di jalan mulus khususnya tol Cipali dengan tekanan angin kencang, serta tidak melakukan gaya mengemudi yang agresif dengan dampak konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Seluruh mobil peserta dikemudikan dengan santai dan tidak terburu-buru meski diberikan limit waktu maksimum untuk mencapai destinasi akhir di kota Cirebon.

Mobil MPV yang value for money ini dibekali dengan mesin berkode K15B DOHC 1.500cc yang mampu meletupkan tenaga maksimum hingga 104,7 PS pada 6.000 rpm serta torsi maksimum 138 Nm pada 4.400rpm. Seluruh tenaga yang disalurkan menggunakan sistem transmisi manual 5-Percepatan dan pilihan CVT 4-Percepatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini