nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tesla Bikin Pabrik di Kampung Halaman Mercedes Benz, Produksi 500 Ribu Unit Setahun

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 23:14 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 11 52 2140868 tesla-bikin-pabrik-di-kampung-halaman-mercedes-benz-produksi-500-ribu-unit-setahun-Bx4FCSBszD.jpg Konsep kendaraan Tesla Y yang dikabarkan diproduksi di Gigafactory Jerman (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Pangsa pasar mobil listrik yang bertumbuh secara positif di seluruh dunia, membuat produsen sekelas Tesla berani berekspansi. Setelah membuka fasilitas produksi di Shanghai, China yang beroperasi mulai tahun ini, pabrik baru Tesla akan segera dibangun di Eropa.

Akhir bulan lalu, Pendiri sekaligus CEO perusahaan tersebut, Elon Musk, telah mengambil keputusan terkait lahan tepat untuk pabriknya. Musk memilih kawasan di sekitar Gruenhide, Bradenburg sekitaran Berlin sebagai lokasi pendirian pabrik khusus.

 Tesla

Alasan dipilihnya kawasan tersebut karena berdekatan dengan bandara baru Berlin Bradenburg, sebagai salah satu akses transportasi. Meski baru dibangun pada 2020, serta ditargetkan mulai beroperasi pada 2021 mendatang, Musk sudah menetapkan target besar untuk pabriknya itu.

Kemampuan produksi kendaraan Tesla dari pabrik baru itu diharapkan menyentuh 500.000 unit per tahun, seperti dikutip dari surat kabar Jerman, Bild. Kendaraan yang akan diproduksi oleh pabrik Berlin ini nantinya adalah Tesla Model 3 dan Tesla Model Y, serta rangkaian daya untuk disuplai ke fasilitas lain.

Nilai investasi Tesla untuk pembangunan fasilitas ini diperkirakan mencapai USD4,41 miliar atau sekitar Rp61,8 triliun. Walaupun sampai saat ini, Tesla belum memberikan keterangan resmi terkait rencana pembangunan pabrik dengan kode Gigafactory (GF) 4 tersebut.

Gelontoran dana tersebut hampir dua kali lipat dari nilai investasi yang ditanam Tesla untuk membangun fasilitas GF 3 di Shanghai. Saat ini dari fasilitas pabrik di Tiongkok, Tesla menggunakan kemampuan produksi untuk merakit 50.000 unit produk Model 3 sampai akhir 2019.

 Tesla Model 3

Model Y sendiri merupakan proyek terbaru dari Tesla yang mampu mengangkut sebanyak tujuh penumpang. Varian itu juga dilengkapi dengan baterai yang membuatnya mampu mencapai jarak jelajah sampai 480 km.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini