nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Belum Siap Hadapi Regulasi Emisi, Royal Enfield Tunda Peluncuran Lini Motor Baru

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 11 Desember 2019 20:14 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 11 53 2140807 belum-siap-hadapi-regulasi-emisi-royal-enfield-tunda-peluncuran-lini-motor-baru-awf4DQoZCF.jpg Royal Enfield Classic edisi 2020 belum akan meluncur sebelum memiliki mesin sesuai standar emisi baru India (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

MUMBAI - Seiring penerapan peraturan ketat soal emisi di India, sejumlah produsen bersiap melakukan pengembangan produk. Begitu juga dengan Royal Enfield yang diisukan merancang varian motor baru, dengan tipe mesin satu silinder dan sedang memasuki tahap uji coba untuk dapat meluncur tahun depan.

Rencana peluncuran generasi terbaru dari varian lini motor Royal Enfield tersebut sebelumnya dikabarkan akan berlangsung sebelum April 2020. Namun, perkembangan terkini menunjukkan bahwa pengenalan model baru motor tersebut dipastikan mundur dari jadwal semula menjadi pertengahan 2020 nanti.

 Royal Enfield

Penyebab mundurnya jadwal peluncuran generasi motor terbaru Royal Enfield tersebut belum diketahui secara pasti. Seperti dikutip dari laman Rushlane, ada dugaan tertundanya peluncuran tersebut karena Royal Enfield masih melakukan pembaruan untuk dapat menyesuaikan spesifikasi motornya dengan standar emisi BS6 yang wajib dipenuhi oleh setiap kendaraan bermotor di India.

Rangkaian mesin pada generasi terbaru Royal Enfield nantinya disebut berbeda dengan rancangan pada motor saat ini. Selain penggunaan desain sasis double-cradle, perubahan juga terjadi dengan pemilihan rancangan mesin OHC menggantikan tipe OHV yang digunakan oleh lini motor Royal Enfield saat ini.

Sementara melakukan pengembangan model baru dalam lini motornya, Royal Enfield melakukan langkah sementara untuk mengatasi pemenuhan batas emisi. Termasuk, melakukan pembaruan pada kinerja mesin dengan mengenalkan sistem fuel injection dalam jajaran motor kelas 350 cc saat ini.

Penempatan teknologi tersebut akan memberi dampak kenaikan harga jual untuk model dengan mesin berkapasitas 350 cc, mulai awal tahun depan. Tidak hanya menambahkan sistem baru pada kerja mesin, Royal Enfield juga akan memasang komponen saluran exhaust baru untuk mengatasi aturan emisi tersebut.

 Royal Enfield

Langkah penyesuaian produk motor Royal Enfield dengan aturan emisi terbaru India ini sebelumnya sudah memakan korban. Sang produsen harus melakukan suntik mati pada model kelas mesin 500 cc karena masalah penjualan yang minim, sehingga tidak dapat menutup biaya pengembangan di kelas tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini