Tanam Mesin Turbo, Toyota Prius Tampil Gahar saat Ngedrift

Ardimo Harsa, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 13:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 12 52 2141048 tanam-mesin-turbo-toyota-prius-tampil-gahar-saat-ngedrift-TAYdCnrrRM.jpeg Modifikasi pada model Toyota Prius yang kini bermesin turbo membuatnya gahar saat drifting (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LOS ANGELES – Toyota Prius mungkin bukanlah pilihan utama bagi para penggemar otomotif yang menginginkan mobil berperforma tinggi. Mobil hybrid ini biasa dibeli oleh mereka yang menginginkan efisiensi bahan bakar yang tinggi. Namun di tangan seorang drifter asal Amerika Serikat, Toyota Prius ini berubah menjadi sebuah mobil drift berperforma tinggi.

Kasey Eastman awalnya membeli sebuah sasis Toyota Prius seharga USD250 (sekitar Rp. 3.5 juta) sebagai basis mobil drift barunya. Ia pun kemudian mengumpulkan berbagai komponen yang dibutuhkan sehingga Prius ini mampu menjadi mobil yang siap diajak drifting.

 Toyota Prius

Di bagian dapur pacu, Prius ini sudah tidak menggunakan mesin hybrid. Sebagai gantinya, dipasang mesin turbo 6 silinder segaris berkapasitas 2.5 liter buatan Toyota berkode 1JZ-GTE dari Toyota Supra generasi ke-3. Ruang mesin Prius yang kecil membuat Kasey harus melakukan beberapa ubahan di ruang mesin agar mesin tersebut mampu dipasang.

Prius yang awalnya memiliki penggerak roda depan juga diubah menjadi penggerak roda belakang dengan menggunakan as roda buatan Ford dengan model 8.8. Kaki-kaki mobil ini juga diperkuat dengan penggunaan komponen suspensi Corolla AE86. 

Transmisi otomatis bawaan Prius lantas diganti dengan komponen manual 5 percepatan milik Toyota Cressida, sehingga lebih menunjang performa.

Interior mobil ini meski dibiarkan nyaris standar, namun banyak komponen elektronik di dalamnya telah dilepas. Selain mengurangi bobot kendaraan, pelepasan komponen elektronik dilakukan karena modul hybrid mobil ini telah dilepas.

 Prius

Mobil jadi-jadian ini pun kerap dibawa Kasey ke berbagai ajang drift di berbagai kota. Kasey menjadikan mobil tersebut sebagai materi konten andalan dengan kerap mengunggah aksinya mengemudikan mobil ini lewat tayangan di kanal maupun akun media sosialnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini