nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cikal Bakal Suzuki Baleno Sedan yang Kini Bertransformasi Menjadi Model Hatchback

Mufrod, Jurnalis · Kamis 12 Desember 2019 17:55 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 12 52 2141199 cikal-bakal-suzuki-baleno-sedan-yang-kini-bertransformasi-menjadi-model-hatchback-xggdtz9PGK.jpg Suzuki Baleno (foto: Okezone)

JAKARTA – Kemunculan generasi Suzuki Baleno pada 1996, tak lepas dari kesuksesan Suzuki Esteem yang dikenal sebagai sedan yang cukup bandel dengan desain yang mewah. Setelah Suzuki memutuskan untuk menghentikan produksi Esteem pada 1995, setahun kemudian kemunculan generasi pertama Baleno mulai terkuak.

Kehadiran generasi pertama Suzuki Baleno terbilang tampil dengan desain yang lebih modern sebagai generasi penerus dari Esteem yang memiliki desain mengotak. Kesan bulat di lampu bagian depan menjadi penyegaran yang terbilang banyak diterima konsumen. Tak jarang kesuksesan generasi pertama Baleno menjadi strategi pas yang dijalankan Suzuki untuk pasar kendaraan sedan di Indonesia.

Suzuki Baleno

Suzuki Baleno generasi pertama hadir sebagai sedan dengan sektor pacu yang cukup bertenaga yakni mesin berkode G16B SOHC 16 valve berkapasitas 1.6 liter, mampu meletupkan tenaga sebesar 99 ps dengan torsi mencapai 127 Nm. Mesin Baleno terbilang sebagai yang modern, dimana kode G16 sebelumnya yang digunakan Suzuki Vitara, Escudo, sidekick dan Futura masih mengadopsi sistem karburator.

Suzuki Baleno

Sedangkan mesin G16B yang tertanam pada generasi pertama Suzuki Baleno telah menggunakan sistem elektronik point injection yang menyemprotkan bahan bakar secara tepat, sesuai dengan kebutuhan. Karenanya Baleno termasuk salah satu sedan modern yang memiliki konsumsi bahan bakar lebih efisien. Sayangnya di jamannya, Baleno hanya hadir dengan sistem transmisi manual saja.

Baru setelah empat tahun mengaspal di pasar otomotif nasional, Suzuki menghadirkan transmisi matik sekaligus melakukan beberapa sentuhan ubahan dengan label Suzuki Baleno Facelift. Versi model ini justru penyesuaian dilakukan pada sector mesin dimana kapasitasnya tak lagi 1.6 liter atau turun menjadi 1,5 liter. Namun diatas kertas tenaga yang dihasilkan justru meningkat menjadi 103 PS dengan besaran torsi tetap 127 Nm.

 Suzuki Baleno

Setelah bertahan hingga 2003, Suzuki langsung meluncurkan generasi kedua Baleno yang dikenal dengan label Next-G, banyak perubahan desain yang dimiliki Baleno generasi kedua ini, meski dinilai sangat kaku, namun proses pengembangan yang menggunakan basis platform Suzuki Aerio yang hadir sebagai model paduan antara small MPV dengan hatchback menjadi model generasi Baleno dituntut tampil kompak sesuai dengan kebutuhan pasar yang tengah gandrung dengan mobil dengan ruang kabin yang lebih lapang.

Perubahan yang terjadi pada generasi Baleno sangat menyeluruh, namun generasi kedua tersebut terbilang sebagai mobil yang cukup canggih karena Suzuki telah menyematkan teknologi ABS dan EBD. Generasi selanjutnya meluncur pada tahun 2008, dimana sosok generasi terbaru Baleno tampil lebih modern, namun pengembangannya diketahui kembali menggunakan model yang sukses di pasaran yakni Suzuki SX4 sebagai model crossover andalan Suzuki.

Bertahan dengan tiga generasi sebagai model sedan, Suzuki mulai melakukan perombakan untuk mempertahankan nama besar Baleno di pasar otomotif nasional. Generasi keempat Suzuki Baleno langsung bertransformasi menjadi model hatchback. Pertama kali model Baleno hatchback ini tampil di ajang pameran otomotif Geneva Motor Show 2015, dimana model yang ditampilkan merupakan versi konsep bernama iK-2.

 Suzuki Baleno

Dinilai mampu menyibak konsumen, tak lama berselang Suzuki Baleno versi hatchback langsung muncul di ajang pameran Frankfurt Motor Show 2015. Saat peluncuran, Suzuki tetap menggunakan nama Baleno sebagai identitas mobil tersebut di pasar global. Generasi keempat Suzuki Baleno terbilang menjadi model yang sukses dan disukai konsumen beberapa negara termasuk Indonesia.

Suzuki Baleno merupakan mobil yang didatangkan langsung dari fasilitas pabrik Maruti Suzuki di India, dimana pengembangannya menggunakan platform teknologi heartect, sebagai teknologi terbaru Suzuki yang juga digunakan untuk beberapa model. Suzuki Baleno Hatchback dibekali dengan mesin kode K14B berkapasitas 1,4 liter menggunakan transmisi manual 5 percepatan dan transmisi otomatis 4 percepatan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini