nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Agar Aerodinamis, Hypercar Seharga Rp37 Milyar Dipasangi Kipas Angin

Ardimo Harsa, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 10:34 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 13 52 2141416 agar-aerodinamis-hypercar-seharga-rp37-milyar-dipasangi-kipas-angin-6dIQGh1WIN.jpg Konsep hypercar buatan Gordon Murray Automotive, T.50 (Foto:Okezone.com/Istimewa)

LONDON – Karya terbaru dari pabrikan Gordon Murray Automotive ditunjukkan dengan gambar desain supercar terbarunya yang diberi nama T.50. Mobil buatan perusahaan perancang McLaren F1 tersebut memiliki fitur unik yaitu sistem kipas yang dipasang di bagian belakang mobil.

Kipas berdiameter 400 mm ini sendiri dipasang untuk meningkatkan aerodinamika mobil dengan cara meningkatkan kecepatan udara yang melewati diffuser belakang. Sistem ini juga berguna untuk mendinginkan oli mesin.

 Gordon T50

Untuk menghindari debu-debu mau pun kerikil masuk ke dalam kipas, mobil ini menggunakan intake yang diletakkan secara vertikal. Tidak hanya menggunakan kipas, pengaturan aerodinamika di mobil ini juga semakin lengkap dengan adanya dua buah sayap yang bisa diatur kemiringannya sesuai kebutuhan pengemudi.

Gordon Murray menjelaskan cara kerja kipas tersebut berjalan ketika mobil membutuhkan downforce di kecepatan rendah. "Kipas akan menyala di kecepatan maksimum dan membuang udara kotor dan lapisan pembatas. Artinya udara nanti akan bergerak mengikuti permukaan jalan dan mengisi ruang kosong di antara mobil dan jalan," ujarnya seperti dikutip dari laman Motor1.

Sistem aerodinamika canggih ini memiliki beberapa mode. Mode paling ekstrem adalah Vmax mode di mana kipas dan saluran udara akan diatur dalam mode low-drag dan tenaga mesin akan ditambah menjadi 700 Hp dengan bantuan motor listrik berdaya 48 volt. Selain itu juga ada mode high-downforce jika pengemudi ingin mobilnya memiliki traksi yang tinggi ketika menikung.

Model hypercar Gordon T.50 sendri dilengkapi mesin Cosworth berkapasitas 4.0 L tipe V12 yang mampu menghasilkan tenaga 650 Hp dan torsi 450 Nm. Tenaga sendiri disalurkan melalui transmsi manual 6 percepatan ke roda belakang. Konstruksi mobil sendiri menggunakan bahan karbon yang membuat T.50 hanya memiliki bobot 980 kg.

 Gordon T50

Meski baru akan debut di bulan Mei 2020, Gordon Murray Automotives telah membuka pemesanan mobil yang hanya akan dibuat sebanyak 100 unit. Banderol senilai USD2,7 juta (sekitar Rp37 milyar) dikabarkan menarik minat pemesan dari Jepang dan Amerika Serikat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini