Land Rover Bikin Mobil Murah Bukan Isapan Jempol, Ini Kuncinya

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 11:32 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 52 2141439 land-rover-bikin-mobil-murah-bukan-isapan-jempol-ini-kuncinya-OU5N3QOQNt.jpg Land Rover Defender akan punya saudara baru yang lebih terjangkau pada 2021 (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MUMBAI - Rencana pengembangan kendaraan SUV dengan rentang harga terjangkau telah disampaikan oleh Land Rover. Produsen asal Inggris itu menyebut akan mengusahakan produk baru bermodel SUV lima pintu tersebut dapat diproduksi secepatnya pada 2021 mendatang.

Terlepas dari rencana awal tampilan kendaraan tersebut yang menyerupai model Land Rover Defender baru, sudah ada bocoran mengenai paltform produksinya. Model terbaru SUV Land Rover nanti akan berbagi proses produksi dengan varian Tata Harrier, yang sejatinya menggunakan platform Land Rover D8.

 Land Rover

Produsen model Harrier, Tata Motors, merupakan indukan pemilik merek Land Rover yang memilikinya sejak sedekade lalu. Tata sendiri sukses membuat sistem efisiensi modular platformnya, sehingga dapat memproduksi Harrier dengan biaya sepertiga dari produksi Land Rover termurah saat ini, seperti dikutip dari laman Rushlane.

Bermodalkan kemampuan produksi secara efisien milik Tata tersebut, Land Rover bersiap merancang produk lebih terjangkau. Keputusan itu diperkirakan untuk mengambil konsumen di tengah pertumbuhan segmen SUV secara global belakangan ini. Nantinya, model tersebut akan lebih dulu diperkenalkan di Inggris sebelum menuju negara Eropa lain.

Sampai saat ini belum ada keterangan mengenai sistem mesin baik konvensional maupun hybrid yang akan dipasangkan pada SUV baru itu. Namun, Land Rover tidak ingin mengurangi standar produknya dari segi berkendara seperti memasangkan teknologi suspensi multi-link, yang tidak dimiliki oleh Tata Harrier.

Sebagai perbandingan, model Tata Harrier mengusung mesin diesel empat silinder berkapasitas 2.0 L buatan Fiat Chrysler. Model tersebut hanya tersedia di India dengan sistem berpenggerak roda depan (FWD), walaupun terdapat kemungkinan mengubahnya menjadi penggerak semua roda (AWD) seperti kebutuhan Land Rover.

 Tata Motors

Dengan penggunaan platform produksi milik Tata Motors tersebut, terdapat perkiraan bahwa model yang sama akan turut diluncurkan di India. Pasalnya, terdapat ruang produksi yang sempat disediakan pada 2017 di pabrik Tata Motors untuk rencana pembuatan model Land Rover di Pune, India sebelum akhirnya batal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini