nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

7 Tips Penting Persiapkan Kendaraan Jelang Liburan Akhir Tahun

Nizar, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 14:24 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 13 52 2141518 7-tips-penting-persiapkan-kendaraan-jelang-liburan-akhir-tahun-yaKOS4Rdum.jpg Ilustrasi penumpukan kendaraan musim liburan (foto: Okezone)

JAKARTA - Mempersiapkan kendaraan untuk melakukan perjalanan libur akhir tahun, menjadi hal penting untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan selama di jalan. Kesiapan kondisi mobil menjadi sangat penting, karena jika mobil bermasalah justru akan membuat liburan akhir tahun tak berkesan.

Terlebih musim hujan yang telah datang, beberapa perangkat pendukung di mobil yang sebelumnya tak biasa digunakan, harus di cek secara langsung. Pentingnya pemilik kendaraan untuk selalu mengecek mobilnya agar tetap dalam kondisi prima. Seperti dilansir dari situs auto2000 dan autodoc.co.uk, Berikut adalah hal-hal penting yang perlu diperhatikan bagi pemilik kendaraan sebelum berpergian jauh selama libur akhir tahun :

 wiper kendaraan mobil

1. Pastikan Wiper dalam Kondisi Prima

Perhatikan wiper menempel dengan kuat pada permukaan kaca depan dan tidak meninggalkan noda dan goresan. Karena masuknya musim penghujan, wiper sangat berguna untuk melibas air yang dapat mengganggu pandangan bagi pengemudi. Selain melibas air, wiper tentunya juga berfungsi untuk membersihkan kotoran.

 Ganti oli mobil

2. Cek Kondisi Oli Mesin

Pastikan oli mesin dalam kondisi yang cukup dan untuk mengeceknya bisa menggunakan dipstick. Caranya, setelah oli diambil menggunakan dipstick level oli harus berada di garis antara L dan F dan lebih baik jika berada sedikit di bawah garis level F. Jika kurang dari garis yang disebutkan, maka dari itu tambahkan oli secukupnya dan pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli tersebut masih cukup untuk jarak yang akan di tempuh.

3. Cek Air Radiator

 pengecekan air radiator mobil

Pastikan air radiator dan tabung cadangan air radiator (reservoir) terisi dalam kondisi yang penuh. Jika si pemilik mobil tidak memperhatikan air radiator akibatnya mobil akan mogok akibat panas yang dihasilkan berlebih (overheat). Pastikan juga sambungan selang dari radiator ke mesin tersambung kencang dan tidak terjadi kebocoran.

4. Cek Kondisi Pengereman

 pengereman mobil

Di sebuah rem terdapat tabung yang berfungsi untuk menampung minyak rem. Cek kondisi minyak tersebut jika minyak berada pada kondisi yang mulai habis, segera isi hingga batas yang sudah ditentukan. Selain minyak rem, perhatikan juga kampas rem jika sudah memungkinkan waktunya untuk diganti ataupun sudah dalam kondisi yang tidak prima maka segeralah diganti supaya pengereman dapat bekerja secara maksimal.

5. Pastikan Lampu dalam Kondisi Baik

 lampu mobil

Pastikan semua unit pencahayaan berfungsi dengan baik, jika ada bagian lampu yang mati segeralah menggantinya. Selain itu perhatikan juga reflektor, jika reflektor banyak ditemukan debu yang mengendap segera untuk dibersihkan. Karena reflektor yang kotor dapat mengurangi penerangan.

6. Perhatikan Tekanan Pada Ban

 Tekanan angin pada ban

Pastikan kondisi ban dalam kondisi prima (tidak botak) dan sanggup untuk digunakan sesuai dalam perjalanan liburan. Selain kondisi ban perhatikan juga tekanan pada ban, jika dikira ban kekurangan tekanan maka segeralah isi. Tekanan pada mobil biasanya sekitar 30-34 psi. Hal ini juga berlaku terhadap ban serep, jika ban mobil bermasalah saat berada di perjalanan maka ban serep bisa langsung digunakan.

7. Periksa Ketersediaan Perangkat Perbaikan Darurat Mobil

 tool kit pada mobil

Perangkat perbaikan darurat yang dimaksud adalah seperti dongkrak dan alat untuk mengganti ban. Perhatikan alat-alat tersebut tersedia dan tersimpan rapih di bagasi mobil. Alat ini tentunya berguna jika ban mobil dalam kondisi kempes.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini