nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Macet Libur Akhir Tahun, Kenali Penyebab Over Heat Mesin Mobil

Mufrod, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 15:27 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 13 52 2141559 macet-libur-akhir-tahun-kenali-penyebab-over-heat-mesin-mobil-TPJDEk3ZUs.jpg Over heat pada mesin mobil sering terjadi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Seringnya terjadi over heat saat musim libur panjang akhir tahun, dikarenakan pemilik mobil tidak detil melakukan pengecekan beberapa perangkat mobil. Bahkan over heat sering dikaitkan dengan kondisi macet yang membuat suhu mesin terlalu panas.

Dalam kondisi tersebut, risiko yang bisa menyebabkan mobil mogok karena mesin mobil terlalu panas. Suhu panas berlebih pada mesin sendiri bukan karena faktor kemacetan dan suhu terik siang hari. Karena pada dasarnya seluruh mobil di Indonesia telah lebih dulu di uji jalan berdasarkan karakter jalan dan suhu di Indonesia sebelum dijual secara massal.

 Kemacetan di musim mudik

Menurut Diler Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, Penyebab utama terjadinya over heating sendiri saat terjadi kemacetan di musim libur akhir tahun diakibatkan karena beberapa hal diantaranya adanya masalah dari sistem pendinginan ke mesin.

 Pengisian air radiator

"Overheating bisa disebabkan karena adanya kebocoran radiator, fungsi kipas pendinginan tak maksimal, akibat motor ataupun V belt bermasalah," ujar Didi saat dihubungi Okezone.

Ia menganjurkan sebelum melakukan perjalanan agar periksa system pendingin, kebocoran radiator, reservoir air radiator, selang2, kipas pendingin (motor ataupun v belt), water pump.

 Kemacetan di libur akhir tahun

Cara meminalisirnya yakni dengan mengisi air radiator kalau berkurang, jika kipas mati sebaiknya langsung datangi bengkel terdekat, namun kalau kipas mati sebaiknya ke bengkel siaga atau pos jaga utk penggantian motor fan.

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan ecu atau mobil terbaru saat ini sudah memiliki teknologi fail safe yaitu mesin akan otomatis sendiri saat mesin overheat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini