Tren Kendaraan Listrik yang Mulai Dilirik Perusahaan Angkutan

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 13 Desember 2019 19:11 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 13 52 2141686 tren-kendaraan-listrik-yang-mulai-dilirik-perusahaan-angkutan-LhjEmSk5GK.jpg Unit mobil listrik Hyundai IONIQ menjadi kendaraan operasi layanan Grab (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Tren kendaraan elektrifikasi yang tengah di genjot pemerintah pusat saat ini, turut mendorong hadirnya penggunaan mobil listrik yang mulai digunakan sebagai armada angkutan seperti taksi. Setelah Blue Bird yang akan mendatangkan 100 unit mobil listrik, kini giliran perusahaan jasa angkutan online.

Perusahaan Blue Bird menggunakan mobil listrik produsen BYD dan Tesla, sebagai langkah awal sebanyak 30 mobil listrik mulai dioperasikan yakni model BYD e6 dan Tesla Model X 75D.

 Mobil Listrik

Langkah yang sama juga dilakukan oleh perusahaan grab yang akan menggunakan Hyundai iOniq yang akan mulai beroperasi awal 2020 mendatang. Sebanyak 20 unit Hyundai iOniq akan menjadi armada pertama bagi layanan angkutan berbasis aplikasi.

Jajaran model kendaraan listrik yang digunakan perusahaan armada taksi yakni BYD e6 diatas kertas memiliki baterai berkapasitas 91 kWh dengan motor listrik berkekuatan 160 Hp dan torsi 450 Nm. Jarak jelajah kendaraan ini diperkirakan mencapai 300 Km.

Untuk spesifikasi mobil listrik Hyundai IONIQ yang akan digunakan perusahaan jasa angkutan online, memiliki kekuatan baterai berkapasitas 38,3 kWh. Sedangkan motor listrik yang menggerakkan mobil tersebut berkekuatan 118 Hp dan torsi 295 Nm. Jarak jelajahnya disebut berkisar 373 Km berdasarkan penghitungan NEDC.

 Grab Hyundai

Langkah beberapa perusahaan jasa angkutan dalam menggunakan kendaraan ramah lingkungan tersebut, didukung Menko Maritim, Luhut Panjaitan. yang menilai mampu mendukung program penggunaan energi terbarukan yang juga ramah lingkungan.

"Kebutuhan Negara kita saat ini adalah bagaimana meningkatkan efisiensi energi serta mewujudkan kualitas udara yang bersih," ujarnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini