nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Libas Tol Layang Japek hingga Lintas Jawa dengan Peugeot 5008

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 11:55 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 17 52 2142867 libas-tol-layang-japek-hingga-lintas-jawa-dengan-peugeot-5008-F9Y6eM2NeO.jpg Peugeot 5008 libas jalur tol layang japek hingga trans jawa (foto: ist)

JAKARTA - Diperkenalkan secara resmi pada Juli 2019 lalu, model Peugeot 5008 terlihat sudah beralih tampilan dari MPV menjadi SUV secara utuh. Penamnpilan gagah dengan ground clearance lebih tinggi serta perombakan segi wajah kini memberikan kesan solid sebagai SUV segmen premium.

Selaku pemegang merek asal Prancis itu di Tanah Air, Astra Peugeot memberi kesempatan kepada awak Okezone merasakan performa Peugeot 5008 secara langsung. Perjalanan mengambil rute panjang, dari kawasan Bekasi menuju Solo, Jawa Tengah yang ditempuh melalui jalur tol lintas Jawa untuk mengetes kemampuan menyeluruh model keluaran produsen berlogo singa tersebut.

 Peugeot 5008

Nuansa futuristik terasa saat Okezone berada di balik kemudi Peugeot 5008, yang mengusung teknologi i-Cockpit. Panelmeter yang sepenuhnya digital memberikan informasi lengkap mengenai kondisi kendaraan, dengan seluruh tombol operasi fitur dalam kendaraan berada dalam jangkauan pengemudi mobil buatan Prancis ini.

 Peugeot 5008 lintasi tol layang Japek

Fitur pengaturan posisi berkendara terdapat pada bangku pengemudi secara elektrik, didukung pengaturan setir secara tilting dan teleskopik. Bentuk kemudi yang cenderung lonjong dengan ukuran cukup kecil dalam pengamatan Okezone, masih terasa nyaman dan memberi kesan kendali penuh saat berkendara.

 .

Okezone lantas menjajal performa kendaraan tersebut memanfaatkan situasi cukup lengang di kawasan tol Cikampek Palimanan pada Senin 16 Desember 2019. Secara faktual bekal mesin yang dibawa kendaraan ini bertipe EP6FDTM turbo yang berkapasitas 1.6 L empat silinder. Kekuatan maksimalnya disebut mencapai 165 Hp dengan torsi puncak pada 240 Nm.

Dorongan komponen turbo yang ditanamkan pada mesin ini, tidak begitu terasa saat mobil berakselerasi pada rpm rendah. Namun, dorongan kekuatan tersebut baru muncul ketika putaran berada sekitar 2.000 sampai 2.500 rpm. Tidak terasa ada jeda pada sistem transmisi otomatis EAT enam percepatan, dalam menyalurkan tenaga mesin tersebut.

 Peugeot 5008

Bahkan ketika mendapat ruang dalam kondisi jalan lurus serta cenderung sepi menuju ruas tol Batang-Semarang, Okezone dapat menyentuh kecepatan sampai 180 Kpj. Kondisi kendaraan terbilang stabil, bodi tidak terasa limbung saat melaju dalam kecepatan cukup tinggi secara konstan.

Kemampuan pengendara dalam mengendalikan kendaraan juga terbilang maksimal, baik saat melakukan manuver menikung maupun saat Okezone menghindari objek besar yang terserak di jalan tol. Dukungan suspensi Pseudo-MacPherson di bagian depan serta deformable crossmember untuk kaki-kaki belakang, turut memberi kenyamanan serta kepercayaan melibas rute tol sampai kawasan Semarang.

Terlepas dari pemakaian mesin yang tergolong berat, dengan melaju kencang di jalur bebas hambatan jarak jauh, konsumsi bahan bakar Peugeot 5008 terbilang efisien. Menggunakan bahan bakar beroktan 98, unit yang dijajal oleh Okezone menempuh 11,7 kilometer menggunakan seliter bahan bakar.

 Peugeot 5008

Keadaan kabin terasa nyaman, dengan kondisi cukup senyap tanpa munculnya suara putaran ban maupun kendaraan pengguna jalan lain. Bahkan, Okezone bersama penunpang lain dapat menikmati kualitas perangkat suara dengan menggunakan fitur konektivitas pusat informasi mobil dengan ponsel penumpang.

Kenyamanan tersebut juga terdapat pada kursi pengemudi baik di baris pertama maupun kedua. Aliran udara pendingin kendaraan juga terasa merata di seluruh kabin, terlebih dengan dukungan fitur double blower di bagian tengah baris kedua kendaraan seharga Rp820 juta tersebut

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini