Tak Banyak Dikenal, Supercar Ini Pernah Taklukan Kebuasan Lamborghini

Nizar, Jurnalis · Selasa 17 Desember 2019 12:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 17 52 2142899 supercar-yang-kini-tak-banyak-dikenal-namun-pernah-kalahkan-kebuasan-lamborghini-h3gzzN12Mp.jpg Supercar Vector yang pernah kalahkan kebuasan mesin Lamborghini (foto: ist)

AMERIKA SERIKAT - Pada era 80-an Ferrari, Ford, Lamborghini, dan Jaguar dikenal dengan supercar-supercar hebat yang dimilikinya. Selain pabrikan yang disebutkan, Vector hadir menjadi pesaing di pasar supercar. Perusahaan yang bernama Vector Aeromotive Corporation milik Gerald Wiegert ini telah membuat beberapa model dan yang paling dikenal adalah model W8 karena desain yang kontroversial dan mesin besarnya yang pernah dibuat oleh pabrikan Amerika Serikat pada zamannya

Dengan menggunakan gaya over the top, membuatnya terkenal di kalangan pecinta otomotif pada masanya. Dilansir dari situs Carscoops.com, dibandingkan dengan Lamborghini Countach terlihat lebih mengundang ketimbang Vector W8 dengan desain ekstremnya.

 Supercar Vector

Berbekal mesin V8 berkapasitas 6.000 cc turbocharged, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 625 hp dan torsi sebesar 880 nm. Di atas kertas, Vector mengklaim mobil ini mampu melaju dari 0-100 hanya ditempuh dalam kurun waktu kurang dari 5 detik dan kecepatan maksimum yang diihasilkan mobil ini sebesar 389 km/h.

 Supercar Vector

Dengan klaim kecepatan maksimum yang menembus 389 km/h, yang mana mobil ditahunnya seperti Countach hanya memiliki top speed 300 km/h. selain kecepatan yang lebih unggul ketimbang Countach Wiegert membekali mobilnya dengan turbo dan panel body kevlar/karbon fibre yang biasanya dipakai untuk pesawat.

Selama masa pembuatan antara 1989 sampai 1993 Vector W8 tercatat hanya memproduksi kurang lebih 20 unit supercar. Karena terbatasnya jumlah produksi, mobil ini termasuk langka dan mempunyai harga jual yang tinggi.

 Supercar Vector

Dengan desain yang berbeda dengan para pesaingnya serta mesin raksasa yang digendongnya, Vector Aeromotive Corporation dibanderol dengan harga 445 ribu dolar Amerika atau setara dengan 6,2 miliar rupiah (kurs saat ini).

Salah satu unit Vector W8 dengan nomor sasis 15 pernah dimiliki oleh pengusaha Indonesia, Setiawan Djodi sekaligus pemegang saham Vectors Aeromotive Corporation. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini