nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Spek Dahsyat McLaren yang Hanya Diproduksi 3 Unit

Nizar, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 03:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 17 52 2143151 intip-spek-mclaren-yang-hanya-diproduksi-sebanyak-3-unit-B5eKPjlxuy.jpg McLaren Senna yang hanya diproduksi 3 unit (foto: Carscoops)

INGGRIS - Produsen McLaren baru saja meluncurkan supercar edisi terbatasnya. Dengan label tersebut produsen mobil asal Inggris ini hanya membuat tak lebih dari tiga unit supercar yang dipasarkan untuk konsumennya di seluruh dunia.

Mobil super cepat tersebut memiliki nama McLaren Senna XP. Dikembangkan sebagai bentuk penghormatan McLaren terhadap legenda pebalap Formula 1 Ayrton Senna yang menjadi juara dunia menggunakan mobil jet darat racikan McLaren.

McLaren Senna

Rancang bangun McLaren Senna XP mengadopsi dari jet darat yang pernah dikendarai Senna, dimana seluruh bodi didesain menggunakan material karbon fiber yang dikenal ringan namun kuat. Untuk membuat mobil tersebut, McLaren mengklaim menghabiskan waktu tak lebih dari 780 jam.

McLaren Senna

Seperti dilansir oleh Carscoops, ketiga mobil ini mempunyai ciri khas berbeda serta nama berbeda. Mobil Pertama diberi nama Master of Monaco XP yang bermaksud untuk merayakan 6 kali kemenangan Senna di Monako dan mempunyai eksterior yang berwarna merah-putih dan interior yang berwarna merah.

Mobil kedua diberi nama Lap of The Gods XP yang menunjukkan pada saat Senna membalap dari posisi kelima hingga posisi pertama di Donington Park. Untuk itu Mclaren memberi warna two tone merah dan biru.

 McLaren Senna

Mobil ketiga diberi nama Home Victory XP yang bertujuan untuk menghormati negara asal Senna yaitu Brazil sekaligus merayakan kemenangan pertamanya di sana pada 1991. Mclaren memberikan warna two tone hijau dan kuning pada jenis ini.

 

Pada dasarnya ketiga mobil ini menggunakan mesin yang sama yaitu mesin V8 berkapasitas 3.900 cc. Dengan mesin tersebut mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 789 hp dan torsi 799 nm. 

Di atas kertas mobil ini mampu melesat dari 0-100 km/h hanya dalam 2.8 detik serta kecepatan maksimum yang diraih oleh mobil ini adalah 340 km/h.

 

Untuk membawa pulang mobil ini Mclaren mematok harga kurang lebih seharga USD1.5 juta atau sekitar Rp20 miliar. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini