Konsumen Mobil SUV Premium Masih Pertimbangkan Kapasitas Bagasi

Medikantyo, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 52 2143313 konsumen-mobil-suv-premium-masih-pertimbangkan-kapasitas-bagasi-IAOsU69Zwp.jpg Unit mobil SUV Peugeot 5008 saat berada di diler Astra Peugeot Solo (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

SOLO - Pertumbuhan pasar kendaraan segmen SUV di Tanah Air sekitar 20 persen dari pangsa pasar otomotif di 2019, mendorong sejumlah produsen untuk berkompetisi termasuk Peugeot. Sebagai pemegang merek asal Prancis itu, Astra Peugeot saat ini menghadirkan dua model SUV yakni Peugeot 3008 dan 5008 yang lantas berada di segmen premium.

Penempatan lini produk Peugeot untuk bersaing di segmen tersebut disebut sebagai langkah strategis. Astra Peugeot menyebut produk SUV keluarannya saat ini mengisi ceruk model di antara kendaraan serupa buatan produsen Jepang dan merek Eropa dengan kelas premium lain.

 Peugeot

Peugeot merasa percaya diri dengan penempatan produk di pangsa pasar tersebut, terlebih untuk tetap dapat bersaing dengan produsen lain. "Kami menyebut kelas produk kami sebagai SUV luxury entry, tujuan utamanya adalah konsumen yang ingin beranjak kelas," ujar Rokky Irvayandi, CEO Astra Peugeot.

Selain menempatkan produk di posisi kelas yang tepat, Peugeot menggunakan keunggulan fitur teknologi kendaraan serta akomodasi untuk menarik minat konsumen. "Tetapi untuk segmen pasar ini ketimbang memperhatikan kapasitas penumpang, kebanyakan menyoroti ruang bagasi yang luas," kata Rokky menambahkan.

Model kendaraan Peugeot 5008 sendiri memiliki kemampuan untuk menampung tujuh orang penumpang dengan tiga baris kursi. Menariknya, sejak diperkenalkan sejak Juli 2019 lalu peminatnya mulai bertumbuh hingga menyaingi model Peugeot 3008, walaupun memiliki harga lebih tinggi.

Fenomena ini disebut Rokky terbilang wajar, mengingat mayoritas konsumen Peugeot memiliki kecenderungan untuk memperbarui kendaraannya jika memungkinkan. "Konsumen yang membeli dengan kecenderungan upgrade itu sekitar 30 persen dari keseluruhan saat ini, cukup tinggi," katanya.

 Peugeot

Dalam perkiraan Astra Peugeot ke depan, peningkatan peminat model 5008 akan dapat menyaingi secara ketat penjualan model 3008. "Untuk saat ini perbandingannya 70 persen 3008, 30 persen 5008. Tetapi bisa saja mencapai setara 50 banding 50," ujar Rokky kepada Okezone.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini