Marak Penyelundupan Mobil Mewah, Pahami Risiko Teknisnya

Mufrod, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 15:58 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 52 2143445 marak-penyelundupan-mobil-mewah-pahami-risiko-teknisnya-xVJnaV32Ej.jpg Penyelundupan mobil mewah (foto: ist)

JAKARTA - Penggagalan mobil mewah yang diselundupkan dari beberapa negara untuk masuk ke Indonesia, berhasil digagalkan pemerintah melalui Direktorat Bea Cukai. Dua Mobil sport Porsche 911 GT3RS dan Aston Martin klasik masuk ke tanah air dengan memanipulasi jenis barang menjadi batu bata.

Terkait maraknya penyelundupan yang sering terjadi bahkan menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani meningkat sejak 2016, turut membuat produsen Suzuki menyesalkan langkah tersebut. Penyelundupan mobil mewah meski dengan harga murah namun dinilai akan mempersulit pemilik.

 Mobil mewah

"Penyelundupan mobil mewah yang terjadi kemarin tentu akan merugikan pemiliknya, selain mobil ilegal, spesifikasi mobil dari negara luar tentu tidak akan sesuai dengan karakter di Indonesia," ungkap 4W Marketing Director SIS, Donny Saputra, di Jakarta Rabu (18/12/2019).

 Penyelundupan mobil mewah

Dengan spesifikasi yang berbeda dengan Indonesia, lanjutnya, akan mempersulit pemiliknya untuk melakukan perawatan. Karena mobil tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda, sedangkan seluruh mobil yang dijual resmi Agen Pemegang Merek seperti Suzuki telah melakukan penyesuaian teknis dengan karakter baik jalan maupun geografis Indonesia.

"Kalo spesifikasinya beda tentu mobil akan mengalami masalah dan rentan terjadi kerusakan secara teknis, karena mobil memang tidak dikembangkan khusus untuk karakter di Indonesia," tambahnya.

 Penyelundupan Mobil mewah

Sebelumnya, berdasarkan penemuan pihak Bea Cukai yang dilaporkan kepada Kementerian Keuangan sejak 2016, terjadi tren peningkatan kasus penyelundupan kendaraan mewah ke Indonesia. Tak kurang dari 62 kasus penyelundupan terjadi sejak tahun tersebut dan pada 2018 hingga 2019 juga terjadi trend penyelundupan mobil mewah ke Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini