nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengemudi Ini Tak Sengaja Bakar Mobilnya Sendiri dengan Abu Rokok & Pengharum Kabin

Nizar, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 18:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 18 52 2143508 pengemudi-ini-tak-sengaja-bakar-mobilnya-sendiri-dengan-abu-rokok-pengharum-kabin-otibBz55JD.jpg Mobil terbakar akibat abu rokok dan aerosol (foto: Ist)

LONDON -  Merokok di dalam mobil memang memiliki risiko tinggi, selain bau asap yang akan sulit hilang, risiko membuat mobil terbakar juga berpeluang besar terjadi. Seperti kebakaran mobil yang menimpa pengemudi di Halifax, West Yorksire, Inggris. Kebakaran tersebut terjadi akibat abu rokok yang masih menyala.

Namun penyebab utama tentu bukan berasal dari abu rokok yang terbang, kejadian terbakarnya mobil di Inggris tersebut, diakibatkan kelalaian pemilik mobil yang menyemprotkan pengharum kabin saat tengah merokok.

Kebakaran mobil akibat rokok

Saat pewangi kabin disemprotkan kandungan aerosol yang disemprotkan mengandung gas dan menyulut api yang berasal dari abu rokok yang masih menyala. Bahkan dalam peristiwa tersebut sempat terjadi ledakan yang berasal dari aerosol.

 mobil terbakar karena abu rokok

Dilansir dari situs Carscoops.com Akibat dari kejadian ini mobil mengalami kerusakan di bagian pintu, atap, kaca, dan bagasi belakang. Beruntung pengemudi tersebut berhasil keluar ketika api telah melahap bagian kabin mobil Seat

Banyak orang yang berpendapat bahwasannya pengemudi cukup beruntung karena bisa keluar dari dalam mobil karena menurut kepolisian setempat jika terlambat sedikit situasinya akan lebih buruk. Atas kejadian ini pengemudi hanya menderita luka ringan.

 kebakaran mobil

Pada dasarnya ledakan yang diakibakan dari pengharum yang mengandung aerosol tidak menimbulkan percikan api akan tetapi ledakan ini dapat membuat kendaraan menjadi rusak, tergantung dari seberapa kuatnya ledakan yang terjadi.

Kejadian seperti ini bukanlah hal yang pertama kalinya, banyak kasus yang terjadi akibat pengharum mobil meledak karena terpantik bara rokok. Untuk sekedar tambahan informasi agar kejadian ini tidak terulang, pertama jangan pernah meninggalkan parfum yang mengandung aerosol di dalam mobil yang dalam kondisi terparkir. Karena suhu ruang di dalam mobil yang panas dapat mempercepat pemuaian dari benda tersebut dan berpotensi terjadinya ledakan.

Kedua pengemudi diharapkan untuk tidak menggunakan pengharum yang mengandung gas aerosol dan lebi baik menggantinya dengan pewangi yang berjenis padat yang digantung. Ketiga jika masih menggunakan sekiranya jangan membakar rokok setelah menggunakan produk yang mengandung aerosol.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini