Garam Siap Gantikan Mahalnya Baterai Lithium Mobil Listrik

Mufrod, Jurnalis · Rabu 18 Desember 2019 23:38 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 18 52 2143588 garam-siap-gantikan-mahalnya-baterai-lithium-mobil-listrik-5HHWTLHqpb.jpg Pengembangan baterai natrium menggantikan lithium (foto: Ist)
 

JERMAN - Mahalnya harga baterai yang digunakan mobil listrik saat ini, menjadi permahasalahan dari kurangnya populasi kendaraan ramah lingkungan yang digunakan masyarakat dunia. Namun hal tersebut pada 10 tahun kedepan akan segera pupus, dimana lithium akan digantikan oleh bahan Natrium.

Penelitian tersebut kini tengah dikembangkan di Jerman dimana sebuah kampus telah menemukan zat natrium yang memiliki sifat yang sama dengan Lithium dalam penyimpanan energi dan menghasilkan listrik. Komponen natrium tersebut bisa didapat menggunakan bahan garam yang saat ini banyak dihasilkan.

 Baterai mobil listrik

Tak hanya itu peneliti dari Institut ULM yang juga Direktur Helmholtz, Stefano Passerini mengungkap, zat natrium juga bisa dihasilkan dari beberapa limbah seperti kulit aple dan beberapa limbah kulit kacang dan material lain.

 Pengembangan mobil listrik

"Natrium memiliki zat yang sifatnya sama dengan Lithium dan mampu sebagai penghantar energi listrik yang sama seperti Lithium yang banyak digunakan pada baterai saat ini," ungkapnya.

Material Natrium sendiri saat ini sangat banyak dan mudah ditemukan, penggunaan natrium sendiri hanya membutuhkan beberapa tahapan kecil sehingga mampu setara dengan lithium. Rencananya penemuan ini akan terus dikembangkan dan baru bisa digunakan pada 10 tahun mendatang.

 Mobil listrik

Selama ini material Lithium menjadi kendala utama dari mahalnya harga mobil listrik yang ada saat ini. Menjadikan mobil ramah lingkungan masih belum banyak terjangkau bagi masyarakat dunia.

 Baterai mobil listrik

Diharapkan dengan penemuan baru ini, baterai yang bisa digunakan kendaraan listrik, mampu memberikan kontribusi terhadap harga yang ditawarkan pada kendaraan listrik di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini