nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BMW Resmi Umumkan Spesifikasi Baterai dan Jarak Jelajah SUV Listriknya

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 11:12 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 12 19 52 2143739 bmw-resmi-umumkan-spesifikasi-baterai-dan-jarak-jelajah-suv-listriknya-Sw4IPd6eli.jpg Mobil listrik berjenis SUV dari BMW siap diproduksi pada 2020 mendatang (Foto: Okezone.com/Istimewa)

BERLIN - Persiapan penambahan model kendaraan listrik penuh dari BMW sudah mulai berjalan pada tahun depan. Termasuk dengan rencana merilis mobil listrik berjenis SUV BMW iX3 untuk pasar Eropa, Tiongkok, dan Amerika Utara mulai 2020 mendatang.

Kendaraan ini akan dibangun menggunakan platform long-wheelbase yang dipakai oleh varian BMW X3, dengan kode produksi G08. Nantinya gelombang awal proses produksi BMW iX3 akan berpusat di fasilitas pabrik gabungan BMW Brilliance Automotive di kawasan Shenyang, Tiongkok.

 BMW iX3

Model kendaraan listrik tersebut dikabarkan menjadi produk pertama yang menggunakan rangkaian sistem penggerak listrik generasi terbaru buatan BMW. Mengusung nama serupa, pembuatan produk ini membuat tipe BMW X3 memiliki opsi paling lengkap dengan mesin konvensional bensin maupun diesel, plug-in hybrid, serta versi elektrifikasi penuh.

Produsen asal Jerman tersebut bahkan sudah mengumumkan kapasitas paket baterai yang digunakan sebagai sumber tenaga utama mobil listrik baru itu. Melalui keterangan resminya, BMW menggunakan paket baterai buatan CATL yang terpasang pada bagian lantai kendaraan dengan kapasitas penggunaan optimal sebesar 74 kWh.

Angka penggunaan optimal paket baterai tersebut diperkirakan lebih besar 20 persen dari kebanyakan sel baterai milik model kendaraan elektrifikasi penuh BMW lainnya. Perkiraan awal dengan pengukuran WLTP menyebut jarak jelajah optimal dengan daya paket baterai lithium-ion tersebut mencapai 440 km.

Motor listrik yang digunakan sebagai penggerak utama mobil ini sendiri berkekuatan 286 Hp dengan perkiraan torsi optimal sebesar 400 Nm. Menggunakan sistem penggerak roda belakang, konsumsi energiya diharapkan hanya menghabiskan sekitar 20 kWh untuk menempuh jarak jelajah 100 Km.

 BMW X3

BMW menyebut raihan jarak jelajah tersebut dimungkinkan berkat penggunaan komponen dengan tingkat efisiensi tinggi, termasuk sel dalam paket baterai mobil tersebut. Diperkirakan paket baterai serupa akan digunakan dalam produksi model kendaraan listrik lain seperti BMW i4 maupun iNEXT pada 2021 nanti.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini