Bocoran Produk Baru Peugeot yang Siap Meluncur di Tanah Air

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 12:36 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 52 2143773 bocoran-produk-baru-peugeot-yang-siap-meluncur-di-tanah-air-nAUbS8yj62.jpg Model jenis sedan dari Peugeot berpeluang masuk Indonesia di masa mendatang (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Peugeot mulai membangun kekuatan kembali di pasar otomotif Indonesia, dengan mengandalkan lini kendaraan berjenis SUV. Produsen asal Prancis tersebut sebenarnya sempat mendapat pangsa pasar cukup besar saat konsumen Indonesia dengan menggunakan model kendaraan perkotaan dan sedan.

Wacana untuk kembali menjual lini kendaraan berjenis sedan tengah dipertimbangkan oleh pemegang merek tersebut di Tanah Air, Astra Peugeot. Terlepas dari pangsa pasar yang kecil berdasarkan data keluaran Gaikindo yakni di bawah lima persen, model sedan keluaran Peugeot disebut dapat bersaing.

 Peugeot

Kemungkinan tersebut semakin terbuka dengan adanya penurunan besaran Pajak Penjualan atas Barang Mewah atau PPnBM untuk kendaraan bermotor mulai 2021 mendatang. "Dengan adanya rencana PPnBM yang baru nanti memang membuka peluang sedan Peugeot masuk lagi," ujar CEO Astra Peugeot, Rokky Irvayandi.

Peugeot masih mempertimbangkan langkah mengusung produk berupa sedan ke pasar Indonesia dengan beragam faktor. Salah satunya harga jual produk tersebut kepada konsumen. "Penurunan faktor pajak tersebut memang berpengaruh. Namun, kami belum menghitung seberapa jauh harga akhir yang bakal terbentuk," kata Rokky menambahkan.

Kondisi penjualan pasar sedan sendiri memang diakui Rokky masih berkaitan erat dengan rentang harga produk. "Sebenarnya walaupun modelnya sudah ada, tetapi kalau tergesa kita masukkan sekarang rentang harga jualnya tidak kompetitif," ujarnya kepada Okezone.

Model jenis sedan yang dimaksud oleh Rokky adalah Peugeot 508, yang kini sudah memasuki generasi kedua. Rangkaian mesin utama pada sedan tersebut bertipe PureTech berkapasitas 1.6 L dengan perangkat turbo. Kekuatan maksimal dari tipe mesin terendahnya mencapai 178 Hp dengan torsi puncak pada 250 Nm, yang tersalur dengan transmisi otomatis delapan percepatan.

 Peugeot

Nantinya kapasitas mesin serta tingkat emisi karbon dari mobil tersebut menjadi dasar perhitungan skema PPnBM baru pada 2021. Tingkat bea pajak terendah berdasarkan skema tersebut berkisar 15 persen hingga yang tertinggi berkisar 40 persen.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini