Astra Peugeot Pertimbangkan Kembali Rakit Kendaraan di Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Kamis 19 Desember 2019 18:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 19 52 2143938 astra-peugeot-pertimbangkan-kembali-rakit-kendaraan-di-indonesia-pgiuk405BG.jpg Logo produsen Peugeot di bangunan diler wilayah Solo, Jawa Tengah (Foto: Okezone.com/Medikantyo Adhikresna)

JAKARTA - Strategi melakukan kegiatan produksi di Indonesia, memberi kemungkinan merek otomotif dapat melepas produknya ke pasaran dengan harga lebih murah. Faktor tersebut dibandingkan melakukan impor mobil secara utuh dari negara asalnya.

Astra Peugeot sebenarnya berpengalaman melakukan perakitan kendaraan asal Prancis itu. Sebelumnya, Peugeot sempat mengambil langkah pemenuhan permintaan pada model 206 dengan melakukan perakitan kendaraan melalui Gaya Motor pada 2003 lalu.

 Peugeot

Keputusan untuk melakukan perakitan secara lokal di Indonesia tersebut nanti dipengaruhi oleh volume penjualan model kendaraan Peugeot. "Untuk saat ini saya bilang belum ada keputusan itu, karena tergantung dari volume, tentu berbeda dengan produksi 206 dulu," ujar CEO Astra Peugeot, Rokky Irvayandi.

Kapasitas produksi lokal Peugeot saat itu dapat mencapai 300 unit per bulannya. Jauh berbeda dengan kondisi permintaan konsumen lokal terhadap dua model lini kendaraan peugeot saat ini yakni SUV 3008 dan 5008. "Untuk tahapan sekarang belum bisa, tetapi ketika sudah mencapai volume yang memadai perakitan itu bisa dilakukan," ujar Rokky.

Unit kendaraan berupa dua jenis SUV tersebut didatangkan langsung oleh Astra Peugeot saat ini dari fasilitas pabrik di Prancis. Meski dirasa kisaran harga yang ditawarkan sudah direspons positif oleh konsumen Indonesia, masih ada peluang menurunkan banderol dengan mendatangkan unit dari negara terdekat.

Salah satu sasaran fasilitas yang dapat menjadi penyuplai unit kendaraan keluaran Peugeot ke Indonesia berada di Malaysia. "Fasilitas tersebut baru dibuka tahun ini dan kalau sekiranya perhitungannya memungkinkan, kami mempertimbangkan mendatangkan unit mobil dari sana," kata Rokky kepada Okezone.

 Peugeot

Rokky menjamin pihaknya akan memberi pelayanan terbaik dengan tidak akan meninggalkan konsumennya, walaupun tidak melakukan kegiatan produksi berupa perakitan di Tanah Air. "Saat ini saya bisa bilang merek Peugeot terjamin operasinya di bawah naungan Astra," ucapnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini