Ganti Mobil di Akhir Tahun, Ini Model SUV yang Bisa Jadi Rekomendasi

Mufrod, Jurnalis · Sabtu 21 Desember 2019 10:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 21 52 2144568 ganti-mobil-di-akhir-tahun-ini-model-suv-yang-bisa-jadi-rekomendasi-si6fNKldSf.jpg Wuling Almaz (foto: Mufrod/Okezone)

JAKARTA - Trend mobil sport utility vehicle (SUV) yang semakin banyak ditawarkan produsen otomotif nasional, membuka peluang terhadap adanya persaingan. Terlebih SUV yang sebelumnya berada di kelas menengah ke atas, produsen kini membuka celah pasar dengan menawarkan produk low SUV-nya.

Meski trend SUV di Indonesia belum lama terjadi, namun model SUV sendiri di pasar global mendominasi penjualan kendaraan secara besar. Berdasarkan data JATO dari 56 pasar otomotif dunia penjualan model SUV pada enam bulan pertama tahun lalu telah menyentuh angka penjualan sebanyak 15 juta unit. Kategori SUV di Indonesia sendiri berada di posisi kedua segmen kendaraan terlaris.

Wuling Almaz

Kendaraan low SUV yang kini ditawarkan produsen memang menjadi pilihan kedua dimana terdapat produsen yang masuk segmen ini dengan menawarkan Toyota Rush dan Daihatsu Terios. Desain pembaharuan dari produk kembar yang diracik Toyota dan Daihatsu ini terbilang cukup laris manis.

Toyota Rush

Persaingan tersebut turut dimanfaatkan produsen terbaru Wuling yang juga mengisi ceruk pasar kelas low SUV dengan memperkenalkan Almaz. Hadir sebagai produsen yang masih seumur jagung, Wuling saat meluncurkan Almaz terbilang tak sekadar gigit jari mengambil pasar SUV.

Salah satu strategi yang diberikan Wuling yakni menghadirkan desain SUV yang muscle berpadu dengan gaya sporti yang kental. Kapasitas pun terbilang sejajar dengan lawannya yang memberikan ruang untuk tujuh penumpang.

 Toyota Rush

Keunggulan yang dimiliki Almaz sendiri diatas rata-rata mobil SUV lain yang ada dipasar otomotif Indonesia, dimana dari sektor pacu Wuling mencangkokkan perangkat tenaga instan atau turbo di mesin kapasitas 1.5 liter menghasilkan output 140hp dengan torsi puncak 250Nm. Teknologi lain yakni transmisi CVT yang dikembangkan bersama Bosch.

Tak hanya itu, kenyamanan bagi konsumennya, Wuling menyematkan perintah suara berbahasa Indonesia di dalam kabin (pertama dan satu-satunya voice command berbahasa Indonesia). Teknologi Wind, di mana pengemudi dan penumpang bisa melakukan perintah suara untuk mengaktifkan beberapa fitur otomatis yang terdapat di dalam kabin. Seperti pemutar lagu, buka tutup kaca serta pengaturan suhu udara di dalam kabin. Wuling juga membanderol produk SUV-nya mulai harga Rp263 jutaan (Almaz SE).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini