nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Seniman Corat-coret Sedan Mewah, Dianggap Unik dan Bikin Banderolnya Naik

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 21 Desember 2019 21:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 21 52 2144721 tren-seniman-corat-coret-sedan-mewah-dianggap-unik-dan-bikin-banderolnya-naik-yYMjjSMvtj.jpg McLaren 720s dengan sentuhan mural karya Alec Monopoly (Foto: Okezone.com/Istimewa)

MIAMI - Seni jalanan berupa mural dan lukisan grafis awalnya dianggap tidak sesuai dengan kesan elegan dari mobil mewah. Namun, coretan warna-warni pada bodi kendaraan tersebut, bisa membuat banyak orang berpaling sehingga menarik perhatian sehingga jadi pilihan gubahan tampilan oleh pemiliknya.

Contoh kolaborasi seni modifikasi dilakukan 1016 Industries menggandeng seniman jalanan Amerika Serikat, Alec Monopoly. Mobil yang jadi sasaran gubahan adalah unit McLaren 720s berwarna putih. Sebelumnya, kendaraan ini sudah menggunakan gubahan bodykit karya 1016 Industries, sebelum menjadi kanvas bagi coretan Alec.

 McLaren

Mobil bermesin V8 dengan kapasitas 4.0 L berperangkat turbo ganda tersebut sempat dikemudikan oleh sang seniman dalam acara Art Basel di Miami, Amerika Serikat. Coretan karya Alec yang dibuat menggunakan cat semprot memenuhi hampir seluruh ruang di badan mobil McLaren 720s tersebut.

Coretan mural karya Alec tidak lantas membuat mobil ini kehilangan nilai, banderolnya malah menembus USD415 ribu atau sekitar Rp5,7 miliar. "Karya buatan Alec terbilang ikonik karena dapat memberi kesan unik pada gubahan McLaren kami," ujar CEO 1016 Industries, Peter Northrop, seperti dilansir laman Carscoops.

Gubahan karya seni jalanan yang diterapkan pada mobil mewah juga terdapat di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Salah satu distributor resmi Rolls-Royce memberi izin kepada seniman asal Amerika Serikat lain, Bradley Theodore, untuk menggambar di permukaan bodi mobil jenis Rolls-Royce Phantom.

 Rolls Royce

Berbeda dengan karya Alec Monopoly dengan gaya mural cat semprot, Bradley memulas permukaan sedan Rolls-Royce dengan aliran kontemporer. Rolls-Royce Motor Abu Dhabi menyebut kolaborasi ini "mewujudkan seni dan kemewahan secara nyata". Gubahan pulasan Bradley sendiri hanya terdapat di luar kendaraan, sementara tidak ada perubahan pada interior mobil.

 Rolls Royce

Rolls-Royce Motor Abu Dhabi sendiri tidak menyebut persis banderol mobil yang sudah dipesan pelanggan tersebut. Namun, berdasarkan keterangan berbagai sumber, perkiraan banderol mobil bermesin V12 turbo berkapasitas 6.75 L itu berkisar Rp7,9 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini