Belajar dari Kemacetan Tol Japek, Ini 3 Cara Irit Bensin Mobil

Mufrod, Jurnalis · Minggu 22 Desember 2019 08:16 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 22 52 2144749 belajar-dari-kemacetan-tol-japek-ini-3-cara-irit-bensin-mobil-a2By0YYr2x.jpg Ilustrasi kemacetan di tol Jakarta-Cikampek (foto: Okezone)

JAKARTA - Kemacetan tol layang Jakarta Cikampek yang terjadi jelang libur akhir tahun, mengharuskan pengemudi memiliki kemampuan untuk menghemat bahan bakar. Di jalan sejauh 36 kilometer, tol layang Japek tidak menyediakan rest area dan SPBU bagi pengguna jalan yang melintas di tol tersebut.

Meski demikian, pengemudi yang terjebak kemacetan di tol Japek perlu melakukan teknik yang bisa mengurangi konsumsi bahan bakar mobil agar lebih irit hingga keluar dari tol layang tersebut. Langkah bertujuan agar pengemudi tak mengalami kendala teknis pada mobil ketika kehabisan bensin di atas jalan tol layang.

 Kemacetan

Cara untuk menghemat bahan bakar ditengah kemacetan tol layang Japek, Menurut Head of Technical Service and CS Support Department PT MMKSI Boediarto mengungkap ada beberapa Cara yang harus dilakukan pengemudi untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar.

 Tol Japek

Diantaranya, pengemudi harus menjaga putaran mesin saat melajukan kendaraannya. Dimana untuk putaran mesin ideal dalam menghemat bahan bakar tidak boleh diatas 3.000 rpm. Pada putaran mesin tersebut, secara teknis suplai bahan bakar ke ruang bakar tidak terlalu besar sehingga mampu mendongkrak efisiensi.

Jaga jarak ideal antara kendaraan, dimana saat kondisi macet pengendara sering melakukan stop and go dengan kondisi terburu-buru. Sehingga kaki sering menginjak pedal gas cukup dalam. Hal tersebut membuat bahan bakar banyak terpakai.

 Tol Japek

Hindari mengemudi dengan gaya agresif. Karakter mengemudi agresif tersebut pada dasarnya bisa membuat salah satu faktor konsumsi bahan bakar boros, karena untuk mencapai putaran maksimum idealnya pengendara harus menekan pedal gas perlahan tidak dianjurkan menekan dalam pedal untuk cepat mendapatkan akselerasi maksimum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini