Bahan Bakar B30, Langkah Konkrit Pemerintah Hadirkan BBM Ramah Lingkungan

Mufrod, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 52 2145569 bahan-bakar-b30-jadi-langkah-konkrit-pemerintah-hadirkan-bbm-ramah-lingkungan-al7VuNEXE6.jpg Pengembangan bahan bakar B30 (foto: Setpres)

JAKARTA - Peluncuran bahan bakar solar dengan kandungan minyak sawit hingga 30 persen, menjadi langkah pemerintah dalam menghadirkan bahan bakar kendaraan mesin diesel yang lebih ramah lingkungan. Meski langkah ini juga mendukung melimpahnya sawit di Indonesia, namun berdampak pada pengurangan emisi yang dihasilkan mobil diesel.

Kandungan nabati yang dicampur dengan solar, diyakini memiliki dampak pada sistem pembakaran internal mesin yang lebih ramah lingkungan, dimana minyak nabati mengurangi emisi dari sisa gas buang hasil pembakaran di internal mesin.

 Pengujian bahan bakar B30

Presiden Jokowi mengungkap, pengembangan B30 akan terus dilakukan dengan pengujian tingka kadar nabati yang lebih tinggi lagi. Dimana penerapan B40 dan B50 akan terus digulirkan pemerintah sebagai produk bahan bakar yang lebih bersahabat dengan lingkungan di masa mendatang.

"Dengan potensi sawit sebesar itu, kita punya banyak sumber bahan bakar nabati sebagai pengganti bahan bakar solar. Potensi itu harus kita manfaatkan untuk mendukung ketahanan dan kemandirian energi nasional kita," jelasnya.

"Bagi saya tidak cukup hanya sampai ke B30, tapi saya sudah perintah lagi kepada Menteri dan Dirut Pertamina untuk masuk nanti tahun depan ke B40 dan awal 2021 juga masuk ke B50," kata Presiden.

Pengurangan penggunaan solar sendiri yang diakui masih diimpor dari berbagai negara, menjadi solusi terhadap penggunaan minyak sawit untuk mengurangi impor solar yang sebelumnya terus dilakukan pemerintah melalui pertamina.

 Bahan bakar B30

Ketergantungan Indonesia pada impor bahan bakar minyak (BBM), termasuk solar di dalamnya, cukup tinggi. Sementara di sisi lain, Indonesia juga merupakan negara penghasil sawit terbesar di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini