Antisipasi Mobil Kehabisan Bensin Selama Libur Nataru, Pertamina Siagakan SPBU Tambahan

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 24 Desember 2019 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 24 52 2145701 antisipasi-mobil-kehabisan-bensin-selama-libur-nataru-pertamina-siagakan-spbu-tambahan-odhpXkNqHr.jpg Ilustrasi pelayanan SPBU Regular Pertamina (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Kepadatan beberapa ruas jalan di beberapa wilayah jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) diantisipasi Pertamina dengan meberikan layanan tambahan berupa SPBU siaga untuk memberikan layanan terhadap kondisi mobil yang kehabisan bensin selama musim libur.

Penambahan tersebut sebagai layanan dari terus meningkatnya jumlah kendaraan yang masuk ke beberapa wilayah seperti Jawa Barat, Jawa Tengah dan Timur. Karenanya penyiagaan SPBU khususnya di trans Jawa menjadi salah satu antisipasi Pertamina memberi kenyamanan perjalanan kepada seluruh konsumennya.

 SPBU

Langkah tersebut juga dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan permintaan bahan bakar di ruas tol Trans Jawa. Sepanjang jalan tol Trans Jawa dari Jakarta-Cikampek hingga Surabaya, terdapat 45 SPBU Modular, 123 SPBU Kantong, sampai 4 titik Kiosx Pertamax yang disiagakan oleh Pertamina.

"Layanan SPBU telah siap dengan pasokan memadai, termasuk mengantisipasi adanya lonjakan kendaraan pasca beroperasinya tol layang Jakarta Cikampek," ujar Direktur Pemasaran Ritel Pertamina, Mas'ud Khamid, dalam keterangan resmi yang diterima Okezone, Selasa (24/12/2019).

Hadirnya tol layang Japek turut menjadi fokus pertamina dengan menyiapkan petugas siaga menggunakan motor yang akan membantu pemilik mobil dalam keadaan darurat kehabisan bensin. Petugas siaga dengan sepeda motor tersebut ditempatkan sepanjang tol trans jawa dengan jumlah 19 titik, sementara keseluruhan armada siaga di seluruh jalur mencapai 200 unit.

Efektifitas petugas siaga Pertamina menggunakan sepeda motor dinilai sangat penting, seperti kondisi pengemudi yang terjebak di tol layang japek kehabisan bahan bakar, secara cepat bisa dilayani petugas siaga Pertamina yang menggunakan sepeda motor. Tentu dalam distribusinya di sepanjang tol layang japek, petugas siaga diberikan pengawalan mobil dari petugas polisi.

 Petugas Pertamina

Sebelumnya dalam kemacetan parah di lintas tol layang (elevated) Japek, petugas pengantar bahan bakar ini terlihat beraksi mengatasi masalah pelanggan. "Mereka sudah terlatih untuk mengantar BBM Kemasan secepat mungkin agar kendaraan yang bermasalah dapat melanjutkan perjalanan," ujar Mas'ud.

Aksi petugas bermotor resmi dari Pertamina sempat menarik perhatian pengguna media sosial, dengan beredarnya tayangan saat tengah mengantarkan BBM kemasan dengan kawalan petugas patroli jalan raya. Kebijakan tersebut dilakukan untuk menjaga keamanan petugas selama melakukan pengantaran BBM kepada kendaraan yang bermasalah di tol layang tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini