Jangan Asal Liburan, Perhatikan Pentingnya Manajemen Perjalanan Bagi Pengemudi

Mufrod, Jurnalis · Rabu 25 Desember 2019 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 25 52 2145892 jangan-asal-liburan-perhatikan-pentingnya-manajemen-perjalanan-bagi-pengemudi-aiValyeJFC.jpg Manajemen perjalanan selama libur nataru (foto: Ist)

JAKARTA - Melakukan perjalanan liburan sering dianggap mudah bagi banyak pengemudi. Hanya perlu menyiapkan kondisi mobil dengan cara menyerahkannya ke bengkel dan langsung tancap gas berlibur.

Penting diketahui bagi pengemudi sebelum melakukan perjalanan liburan dibutuhkan manajemen perjalanan yang matang agar selama di perjalanan tetap nyaman dan menghadapi kendala. Menghitung manajemen perjalanan juga dinilai mampu menciptakan liburan yang ideal sesuai dengan perencanaan matang. Berikut beberapa langkah menentukan manajemen perjalanan.

 Kemacetan selama musim liburan

1. Hindari membawa penumpang melebih kapasits

Menyesuaikan jumlah penumpang dalam satu kendaraan sangat penting, selain untuk menunjang keselamatan. Kapasitas berlebih pada kendaraan juga berpengaruh pada konsumsi bahan bakar boros. Selain itu, kinerja mobil bertambah dengan kapasitas beban mobil yang tidak ideal, risiko terjadi pecah ban seketika bisa terjadi yang berdampak pada kecelakaan.

 peraturan rambu lalu lintas

2. Patuhi rambu lalu lintas

Mematuhi aturan pada rambu lalu lintas sangat penting, dimana berbagai rambu yang disediakan dibuat sebagai peringatan dan aturan yang disesuaikan disetiap jalan.

3. Maksimalkan Barang Bawaan

Melakukan perjalanan liburan baiknya membawa barang bawaan sesuai kebutuhan. Dalam mengemas setiap barang juga perlu diperhatikan agar tidak memakan tempat pada bagasi.

 Barang bawaan di mobil

4. Istirahat yang cukup

Rasa lelah dan kantuk saat melakukan perjalanan jauh sering terjadi pada pengemudi. Letihnya kondisi badan saat berkendara menandakan perlunya waktu istirahat sejenak untuk mengembalikan kondisi tubuh lebih segar. Hindari gangguan suara dan cahaya saat melakukan istirahat ideal bagi pengemudi.

 Barang bawaan selama libur

5. Bawa Uang Tunai yang Cukup Sesuai Perencanaan Keuangan

Membawa uang tunai tergolong penting di saat Anda mudik. Sebab, selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu kredit atau debit. Membawa uang tunai yang cukup adalah sebuah keharusan. Tidak perlu berlebihan, sebaiknya sebelum mudik, lakukan perhitungan kisaran uang yang dibutuhkan selama di perjalanan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini