GM Uji Jalan Mobil Tanpa Stir 2020 Timbulkan Polemik

Nizar, Jurnalis · Kamis 26 Desember 2019 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 26 52 2146378 gm-uji-jalan-mobil-tanpa-stir-2020-timbulkan-polemik-GgTP2dsMPS.jpg General Motors akan uji jalan mobil tanpa stir (foto: Ist)

NEW YORK - Rencana produsen General Motors (GM) akan melakukan uji jalan mobil tanpa stirnya tahun depan, menimbulkan polemik bagi produsen lain. Lembaga Keselamatan dan keamanan jalan raya (NHTSA) yang memberikan ijin masih mempertimbangkan rencana tersebut.

Terkait rencana tersebut, James Owen dari NHTSA yang dilansir Carscoops, menegaskan pihaknya memang telah mendapat pengajuan terkait rencana General Motors (GM) yang akan melakukan pengujian mobil otonomnya di jalan raya.

 General Motors

"Terkait rencana tersebut, ini akan menjadi penentu bagi kebijakan sektor keselamatan, karena ini merupakan pertama kali NHTSA menentukan langkah bagi kendaraan masa depan," ungkapnya.

 General Motor

Meski diyakini akan menimbulkan polemik, namun NHTSA masih mempertimbangkan dan memastikan terkait keamanan bagi pengendara sampai setidaknya aman seperti mobil di jalan pada umumnya.

Hingga saat ini NHTSA masih memperhitungkan matang terkait izin yang akan dikeluarkan, terutama dari pengemudi dan pengguna jalan lain saat pengujian mobil otonom dilakukan. CEO GM Mary Barra dan Sekretaris Transportasi AS Elaine Chao mengungkap masih terdapat kendala karena sifat teknis dari kendaraan otonom.

 Mobil Otonom

Namun jika pengujian tersebut diberikan, dan GM berhasil dengan teknologi otonomnya, maka lahirnya kendaraan tanpa interaksi langsung pengemudi menjadi langkah General Motors yang telah berencana memproduksi sekurangnya 2.500 kendaraan tanpa stir tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini