nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mitsubishi Ambil Keputusan Berhenti Kembangkan Mesin Diesel

Medikantyo, Jurnalis · Jum'at 27 Desember 2019 21:50 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 27 52 2146768 mitsubishi-ambil-keputusan-berhenti-kembangkan-mesin-diesel-I9b3oK052l.jpg Pengembangan mesin diesel Mitsubishi mulai dipangkas pada 2021 mendatang (Foto: Okezone.com/Istimewa)

TOKYO - Arah kebijakan baru dipilih oleh Mitsubishi Motors terkait pengembangan kendaraan buatannya di masa depan. Produsen berlogo tiga berlian tersebut memutuskan akan berhenti mengembangkan rangkaian mesin diesel baru, serta mengurangi lini produk dengan penggerak berbahan bakar solar itu di masa depan.

Persentase pengurangan produk kendaraan bermesin diesel dari Mitsubishi, disebut akan menurun menjadi kurang dari 20 persen dalam dua sampai tiga tahun ke depan. Pada 2018 lalu, kendaraan bermesin diesel yang dirakit Mitsubishi mencapai 24 persen dari keseluruhan produksi.

 Mitsubishi Pajero

Keputusan tersebut tidak akan berdampak signifikan terhadap kendaraan maupun mesin diesel, yang beredar saat ini. Berdasarkan laporan dari Nikkei Asian Review, opsi mesin diesel masih akan digunakan untuk membekali sejumlah model kendaraan SUV dan truk di pasar Amerika Serikat dan Eropa, juga kendaraan penumpang Delica untuk pasar Jepang.

Produksi juga pengembangan diesel terkait model kendaraan untuk pasar Amerika dan Eropa disebut masih akan berjalan sampai Desember 2021. Sementara peluang pembaruan teknologi diesel untuk model andalan dari lini kendaraan saat ini seperti Outlander masih mungkin dilakukan dalam dua tahun ke depan.

Prediksi penurunan pangsa pasar kendaraan bermesin diesel, disebut menjadi alasan Mitsubishi melakukan pemangkasan produk ini. Bahkan berdasarkan perkiraan Nikkei, tren penjualan mobil bermesin diesel secara global akan menurun hingga 40 persen dalam 10 tahun mendatang.

Langkah pengurangan produksi mesin diesel dari Mitsubishi, mengikuti jejak produsen asal Jepang lainnya. Opsi yang diambil menanggapi penurunan pasar kendaraan diesel ini biasanya berkaitan dengan pengembangan teknologi hybrid maupun menawarkan teknologi elektrifikasi.

 Mitsubishi Triton

Sejumlah model kendaraan dengan rangkaian mesin diesel sebenarnya menjadi andalan untuk Mitsubishi, termasuk di pasar Indonesia. Lini varian SUV keluaran produsen tersebut yang hadir termasuk Pajero Sport dan kendaraan pikap double cabin Triton.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini