nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Banderol Hypercar Langka Buatan Swedia Ini Tembus Rp100 Miliar

Nizar, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 16:19 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 28 52 2146948 banderol-hypercar-langka-buatan-swedia-ini-tembus-rp100-miliar-v0NlnkpkuI.jpg Punya karakteristik langka angkat banderol Koenigsegg One:1 ini tembus Rp100 Miliar (Foto: Okezone.com/Istimewa)

LONDON - Unit hypercar langka buatan produsen Swedia, Koenigsegg One:1 tahun 2015, siap menjadi obyek lelang Supper Vettura, yang berbasis di Inggris. Menurut laman Carscoops,  daya tarik model kendaraan yang akan dilelang tersebut adalah satu-satunya unit One:1 dengan posisi setir di kanan.

Koenigsegg hanya merakit sebanyak tujuh unit mobil jenis One:1 itu, termasuk sebuah purwarupa. Berdasarkan ketentuan lelang dari balai Supper Vettura, pemenang kendaraan ini dapat mengganti posisi setir jika diinginkan melalui pabrikan asalnya.

Koenigsegg One

Dari segi jantung pacu, hypercar buatan pabrikan Swedia ini mempunyai spesifikasi mesin V8 berkapasitas 5.0 L twin-turbocharged. Bekal kekuatan dari rangkaian mesin V8 itu, Koenigsegg menyebut kekuatannya mencapai 1.360 Hp dengan torsi puncak sebesar 1.371 Nm.

Rangkaian mesin ini berbagi banyak komponen dengan model Koenigsegg Agera RS. Sehingga ada klaim potensi kecepatan maksimum hingga 447 Kpj, seperti catatan rekor saudaranya tersebut. Namun, mobil yang akan dilelang ini pernah mendapat pengujian khusus dan menorehkan angka kecepatan 395 Kpj.

Mengacu pada kelangkaan serta kekuatan mesin kendaraan ini, Supper Vettura menyebut perkiraan banderol awalnya mencapai USD7,2 juta atau berkisar Rp100,4 miliar. Mobil dengan interior bernuansa gelap dengan aksen kebiruan tersebut sudah mencatatkan pemakaian sejauh  11.426 kilometer.

Sebagai pembanding, unit dengan model sama pernah dilelang pada September 2019 lalu. Koenigsegg One:1 sitaan dari tangan bekas Wakil Presiden Equatorial Guinea itu terjual dengan harga USD4,6 juta atau setara dengan Rp64 miliar pada sebuah acara lelang.

Koenigsegg One

Model hypercar Koenigsegg One:1 sendiri menjadi anggota lini kendaraan keluaran produsen tersebut dengan catatan unik. Dengan bobot 1.360 kilogram, model ini menjadi kendaraan pertama dengan rasio power-to-weight satu banding satu yang diproduksi secara massal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini