Begini Cara Perpanjang Usia Wiper

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 28 Desember 2019 19:13 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 28 87 2146998 begini-cara-perpanjang-usia-wiper-d2VwOhR6tp.jpg Intensitas penggunaan wiper mobil meningkat selama musim hujan (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Komponen berupa penyeka kaca depan alias wiper juga memiliki masa pakai sama seperti bagian kendaraan lainnya. Walaupun, peran wiper tersebut baru terasa saat digunakan selama berkendara di saat memasuki musim hujan.

Durasi pemakaian yang menjadi sering di musim hujan, bisa berdampak pada semakin menurunnya fungsi kegunaan wiper. Apalagi jika pemilik kendaraan abai terhadap kondisi komponen wiper tersebut, dengan tidak melakukan pengecekan atau perawatan.

 Wiper mobil

Penurunan kondisi komponen wiper sendiri dinilai wajar, seperti diungkap Technical Service Division Head Astra Daihatsu Motor (ADM), Anjar Rosjadi. "Karena memang materialnya karet, tentu akan mengalami deteriorasi seiring waktu," katanya kepada Okezone.

Jangka waktu pemakaian wiper mobil sendiri dipengaruhi oleh perilaku dan kebiasaan pengendara. Karena umumnya komponen wiper bawaan dari produsen bisa bertahan lebih dari setahun. "Kalau penggunaannya tepat bisa lebih baik lagi usia pakainya," ucap Anjar menambahkan.

Penggunaan secara tepat yang dimaksud Anjar, salah satunya dengan tidak secara sering menggunakan wiper dalam keadaan kaca yang kering. Gesekan pada kaca bisa membuat aus karet wiper hingga berpotensi menggores kaca depan.

Pengendara bisa mulai menyalakan wiper saat yakin kondisi kaca depan sudah basah. "Gunakan wiper saat kaca sudah terkena air hujan cukup banyak, atau dengan terlebih dahulu menyemprotkan washernya," kata Anjar dalam penjelasannya ke Okezone.

 Wiper mobil

Jika menemukan fungsi wiper menurun saat berkendara dalam cuaca hujan, pengemudi patut mempertimbangkan penggantian. "Lebih baik dilakukan daripada mengalami kesulitan atau kendala saat berkendara," ujar Anjar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini