nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berhenti Operasi di Indonesia, Datsun Justru Siapkan SUV Baru di India

Medikantyo, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 21:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 12 30 52 2147597 berhenti-operasi-di-indonesia-datsun-justru-siapkan-suv-baru-di-india-DC9AadLbxr.jpg Datsun mempersiapkan model kendaraan SUV di India (Foto: Okezone.com/Istimewa)

NEW DELHI - Hanya tinggal menghitung hari, kegiatan produksi merek Datsun resmi dihentikan di Indonesia. Namun, di pasar lain tepatnya India, produsen di bawah naungan perusahaan Nissan tersebut siap menggeliat dengan menyiapkan produk baru berupa kendaraan jenis SUV.

Indikasi itu diperkuat dengan adanya petunjuk berupa pendaftaran paten merek jual kendaraan bertajuk Datsun Magnite pada tahun ini. Dokumen mengenai pendaftaran merek dagang tersebut diungkap oleh sejumlah sumber, termasuk seperti dikutip dari laman Rushlane.

 Datsun

Dugaan model kendaraan ini akan menggunakan platform produksi bersama milik aliansi Nissan-Renault, yakni CMF-A+ platform. Modul produksi tersebut saat ini sudah digunakan untuk merakit kendaraan berjenis MPV keluaran Renault India yakni Triber, serta sebelumnya digunakan untuk model Datsun Redi-Go.

Tujuan utama penggunaan platform ini adalah untuk menyediakan produk kendaraan berukuran empat meter dalam berbagai segmen, dengan harga terjangkau. Berbeda dengan kondisi penjualan di Indonesia, pertumbuhan pasar kendaraan dengan harga terjangkau di India masih cukup potensial untuk Datsun.

Langkah untuk menambah model baru disebut memberi kesempatan berbeda bagi Datsun, yang kini masih menawarkan tiga model kendaraan di India. Varian tersebut yakni GO, GO+, dan Red-Go disebut masih mampu bersaing secara kompetitif di pangsa pasar kendaraan murah India saat ini.

Penggunaan platform CMF-A+ sebagai dasar produksi SUV anyar Datsun Magnite itu, kemungkinan besar juga pemakaian rangkaian mesin tiga silinder berkapasitas 1.0 L milik Renault Triber. Belum diketahui apakah spesifikasi tersebut bakal ditunjang pemakaian perangkat turbo.

 Renault Triber

Datsun dikabarkan akan menggunakan momentum pameran Auto Expo 2020 di India pada awal tahun depan untuk mengenalkan model terbarunya. Meskipun sampai berita ini dibuat, belum ada konfirmasi resmi apakah model yang dimaksud sudah memasuki tahap kesiapan produksi atau masih sebatas konsep.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini