nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Mercedes Benz Unimog yang Digunakan Ahmad Dani Bebas dari LP Cipinang

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 12:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 31 52 2147741 mengenal-mercedes-benz-unimog-yang-digunakan-ahmad-dani-bebas-dari-lp-cipinang-Ct2jGWe6zm.jpg Truk model Mercedes Benz Unimog 1300 L jadi mobil komando penjemputan Ahmad Dhani dari LP Cipinang (Foto: Okezone.com/Heru Haryono)

JAKARTA - Proses penjemputan musisi Ahmad Dhani, usai resmi bebas dari LP Cipinang, Jakarta diwarnai kehadiran truk Unimog buatan Mercedes Benz. Kendaraan Mercedes Benz Unimog 1300 L tersebut, menjadi mobil komando yang membawa Ahmad Dhani beserta anggota keluarganya menuju rumahnya di Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Mercedes Benz Unimog yang digunakan Ahmad Dani merupakan truk berukuran besar yang sering digunakan tentara sebagai kendaraan taktis. Dalam sejarah produksinya pada 1975 sampai 1993 silam, Mercedes-Benz Unimog dirakit sebagai kendaraan pengangkut multifungsi. Terlebih kemampuan melaju di medan berat, atau jalan berkarakter off road, di berbagai negara dengan kebutuhan distribusi secara luas.

 Truk Unimog

Bekal mesin yang diusung tipe Mercedes Benz Unimog 1300 L yang ditumpangi Ahmad Dhani sekeluarga itu, bertipe diesel enam silinder dengaan kapasitas 5,7 L. Rangkaian mesin berkode OM353.959 itu bisa mengeluarkan tenaga sampai 128 Hp dengan torsi puncak sebesar 363 Nm.

Seluruh tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi manual delapan percepatan, menuju sistem penggerak roda belakang maupun pilihan penggerak empat roda. Dengan bekal pada dapur pacu tersebut, varian Unimog 1300 L dapat melaju sampai kecepatan mencapai 110 Kpj.

Peredaran truk buatan produsen asal Jerman tersebut di Tanah Air, lebih banyak digunakan sebagai kendaraan pengangkut militer. Selain karena keunggulannya menembus medan jalan sulit, ground clearance kendaraan ini juga cukup tinggi yakni 440 mm juga mampu menembus genangan setinggi 1.000 mm.

Pengendalian kendaraan ini terbilang mumpuni dengan teknologi power steering hidrolik pada kemudi, serta dukungan diferensial. Begitu juga sistem pengereman menggunakan cakram hidrolik ganda yang diaktifkan menggunakan aliran udara terkompresi.

 Mercedes Unimog

Truk Unimog bak terbuka dalam penjemputan Ahmad Dhani usai bebas dari LP Cipinang, Senin 30 Desember 2019 kemarin, terlihat sejak pagi hari. Rombongan keluarga Ahmad Dhani, termasuk sang istri Mulan Jameela, serta ketiga putranya Al, El, dan Dul.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini