nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Intip Model Datsun Terbaru di India Pasca Rencana Berhenti Produksi di Indonesia

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 15:43 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 31 52 2147848 intip-model-datsun-terbaru-di-india-pasca-rencana-berhenti-produksi-di-indonesia-sdtc15JhsB.jpg Datsun mempersiapkan model kendaraan SUV di India (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Setelah mengambil langkah penghentian operasi produksi di sejumlah negara, termasuk Indonesia, Datsun lantas berupaya meningkatkan peluangnya di pasar India. Caranya dengan memperkenalkan produk baru berjenis SUV kompak, dengan titel Datsun Magnite usai patennya terungkap.

Kendaraan itu disebut akan dirakit menggunakan modal platform produksi bersama Renault-Nissan berkode CMF-A+. Adanya penggunaan modul produksi tersebut menguatkan kabar bahwa produk ini mengambil inspirasi dari model SUV kompak HBC buatan Renault untuk pasar serupa.

 Datsun

Mobil tersebut juga diramalkan menggunakan mesin bertipe tiga siinder seperti yang sudah digunakan oleh Renault Tribers saat ini. Kekuatan mesin berkapasitas 1.0 L tersebut mencapai 72 Hp dengan torsi puncak pada angka 96 Nm [ada [utaran mesin 3.500 rpm, juga mengung teknologi turbo.

Mengacu pada spesifikasi Renault Triber yang sudah diproduksi, semua tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut tersalur melalui sistem transmisi manual lima percepatan. Namun, belum diketahui apakah kendaraan SUV Datsun tersebut akan memakai perangkat turbo bawaan produsen.

Penggunaan rangkaian mesin berkapasitas cukup kecil itu termasuk wajar, di tengah ketatnya penerapan standar emisi terbaru India. Renault sendiri sudah menghentikan pemakaian mesin diesel berkapasitas 1,5 L, sebelum regulasi emisi terbaru itu berlaku.

Perkiraan peluncuran SUV berukuran kurang dari empat meter itu, diperkirakan terjadi pada pertengahan atau akhir 2020 untuk pasar India. Hal tersebut, seperti dikutip dari Rushlane, akan didahului oleh peluncuran model SUV Renault HBC pada kuarter awal tahun depan.

 Renault Triber

Sebelumnya terungkap melalui pendaftaran paten merek dagang di India, bahwa SUV tersebut akan diberi nama Datsun Magnite. Datsun, kini masih menawarkan tiga model kendaraan di India yakni GO, GO+, dan Red-Go.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini