Tips Menghindari Gaya Mengemudi Agresif di Malam Tahun Baru

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 21:03 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 52 2147942 tips-menghindari-gaya-mengemudi-agresif-di-malam-tahun-baru-ki3RtZsNaF.jpg Sikap agresif bisa muncul saat berkendara di malam pergantian tahun (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Ruas jalanan wilayah Ibu Kota berangsur ramai, menjelang momentum perayaan pergantian tahun. Situasi peningkatan volume berkendara tersebut berdampak pada terjadinya kemacetan terutama di sejumlah kawasan pusat keramaian, yang menjadi tujuan banyak warga menghabiskan malam terakhir 2019 ini.

Ramainya arus lalu lintas kerap membuat pengendara merasa tidak sabar untuk segera sampai tujuan, bersama dengan rombongan keluarga juga kerabat. Sikap ini pada akhirnya memunculkan gaya berkendara yang cenderung agresif dan tidak jarang berujung insiden kecelakaan dengan pengguna jalan lain karena kurang sabarnya antar pengemudi.

 Berkendara

Sikap berkendara agresif sebenarnya bisa ditekan, jika pengemudi memegang prinsip "4 A" selama berada di balik kemudi. "Prinsip itu adalah Awareness (kesadaran), Alertness (kewaspadaan), Attitude (sopan santun), dan Antisipasi pada situasi sekitar," ujar Bintarto Agung, Executive Director Indonesia Defensive Driving Center.

Pengendalian sikap agresif dalam berkendara selama momentum pergantian tahun, berawal dari kesadaran bahwa perayaan tersebut ingin dinikmati banyak orang. Sehingga terasa wajar bahwa jalanan akan dipenuhi kendaraan pribadi, terutama di sejumlah kawasan populer.

Kesopanan terhadap pengguna jalan lain wajib dibangun untuk secara bersama membangun suasana aman dan menyenangkan saat berkendara dalam momentum tahun baru. "Tetapi wajib ditunjang kewaspadaan serta antisipasi pada manuver berkendara pengguna jalan lain," kata Bintarto menambahkan.

Penerapan prinsip tersebut diharapkan bisa menjadi kunci bagi pengendara menikmati kemeriahan perayaan pergantian tahun. Serta menjaga suasana di sekitar, termasuk penumpang dan anggota keluarga dalam menghabiskan momentum pergantian tahun kali ini.

 Berkendara

Faktor penting lain yang bisa menekan sikap agresif dalam berkendara di jalan adalah optimalnya kondisi kendaraan. "Lakukan pengecekan kendaraan sebelum digunakan berkendara menuju titik perayaan akhir tahun. Munculnya masalah tentu bisa berpengaruh pada kondisi mental dan fisik pengemudi," ucap Bintarto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini