Simak Risiko Mengemudi Gunakan Setengah Kopling saat Macet di Malam Tahun Baru

Medikantyo, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 13:12 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 31 87 2147771 simak-risiko-mengemudi-gunakan-setengah-kopling-saat-macet-di-malam-tahun-baru-r3H6ckfN2S.jpg Pengendara perlu memperhatikan penggunaan kopling setengah dalam situasi kemacetan malam pergantian tahun (Foto: Okezone.com/Istimewa)

JAKARTA - Jelang perayaan tahun baru, banyak ruas jalan yang terjadi kemacetan akibat volume tinggi kendaraan yang digunakan dalam merayakan malam pergantian tahun. Dalam kondisi macet tersebut, tak sedikit pengemudi yang masih memaksakan diri untuk menggunakan setengah kopling khususnya di tengah jalan yang menanjak.

Biasanya awal dari kebiasaan penggunaan setengah kopling tersebut dimaksudkan, untuk dapat mengatur pergerakan mobil secara perlahan. Padahal, kebiasaan melakukan setengah kopling ini tidak disarankan karena memiliki dampak buruk pada komponen kampas kopling kendaraan.

Macet Malam Hari

Perilaku berkendara setengah kopling itu, berpengaruh besar menimbulkan gesekan berlebih pada pelat kopling kendaraan. "Gesekan secara terus-menerus terjadi antara kampas kopling dengan flywheel pada mobil," ujar Didi Ahadi, Dealer Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM).

Dampak gesekan berlebih pada bagian pelat, lantas bisa merembet pada kondisi kampas kopling. Indikasi terburuk menipisnya komponen kampas kopling adalah timbulnya bau komponen terbakar akibat friksi bagian mesin dengan transmisi.

Tenaga mesin juga banyak terbuang percuma, akibat potensi gesekan terus-menerus saat pengemudi melakukan kopling setengah. "Pengemudi bisa merasakan tarikan mesin menjadi kurang responsif karena tenaga banyak yang terbuang," ujar Didi menambahkan.

Kerusakan tersebut bisa diredam dengan secara perlahan beralih meninggalkan kebiasaan kopling setengah. Pengemudi bisa memaksimalkan penggunaan rem tangan dalam mengendalikan pergerakan mobil saat berkendara di tengah kemacetan perayaan tahun baru 2020 di Ibu Kota.

 Macet Malam Hari

Penggunaan rem tangan juga memastikan kendaraan tidak bergerak, apalagi menyundul kendaraan lain, dalam kondisi jalan yang macet. Memanfaatkan tuas tersebut juga dapat memberi kesempatan beristirahat dari menginjak kopling atau rem terlalu lama yang membuat pengendara lelah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini