nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Tidur Nyaman di Mobil saat Terjebak Macet di Malam Tahun Baru 2020

Mufrod, Jurnalis · Selasa 31 Desember 2019 15:09 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 12 31 87 2147836 begini-tidur-nyaman-di-mobil-saat-terjebak-macet-di-malam-tahun-baru-2020-MHEC19rtCB.jpg Tidur di mobil setelah lelah rayakan malam tahun baru (foto: ist)

JAKARTA - Kondisi kemacetan setelah perayaan malam tahun baru, biasa baru terurai menjelang pagi hari. Kondisi tubuh lelah dan mata kantuk tentu berisiko untuk terus melanjutkan perjalanan menuju rumah.

Ada baiknya pengemudi memutuskan untuk beristirahat sejenak di dalam mobil dibanding melanjutkan perjalanan pulang dengan kondisi tubuh lelah yang bisa berakibat fatal dan berisiko menyebabkan kecelakaan.

 Malam tahun baru di monas

Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan pengemudi untuk beristirahat di dalam mobil setelah merayakan tahun baru.

1. Pilih lokasi aman

Parkirkan mobil di wilayah aman, seperti lokasi parkir perkantoran yang telah disediakan, pos polisi, hingga area SPBU. Istirahat di lokasi ini, akan membantu keamanan dan kenyamanan pengemudi saat tengah beristirahat.

 parkir tahun baru

2. Buka jendela

Sirkulasi udara dengan membuka jendela akan membantu suhu udara kabin tidak lembab dan pengap. Untuk membuka jendela, dianjurkan tidak melebihi tiga jari, agar keamanan dan kenyamanan terjaga bagi pengemudi yang beristirahat.

3. Matikan mesin dan AC

Jangan tidur dengan kondisi mesin mobil dan AC menyala, hal ini bisa berbahjaya jika terjadi kebocoran di sela kabin yang membuat asap dari sisa pembakaran masuk dalam kabin.

Ini berisiko karena membuat racun gas monoksida dari asap kendaraan masuk ke dalam. Secara tidak sadar pengemudi yang tidur menghirup gas tersebut. Maka sangat disarankan untuk mematikan mesin dan AC mobil dan membuka kaca jendela.

 tidur di mobil saat malam tahun baru

4. Atur posisi kursi

Jok mobil didesain menggunakan bahan berkualitas serta pengaturan kursi untuk posisi duduk yang proposional. Jika jok hendak digunakan untuk tidur, maka dorong jok mobil sejauh mungkin ke belakang dan rebahkan sandaran punggung sampai mendapatkan posisi paling nyaman bagi tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini