nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Evakuasi Mobil Matik Kebanjiran Tak Boleh Sembarangan

Mufrod, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 11:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 02 52 2148437 evakuasi-mobil-matik-kebanjiran-tak-boleh-sembarangan-1wyBWKdmRn.jpg Mobil terendam banjir (foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Banjir yang menggenangi banyak wilayah di Jakarta, turut merendam banyak mobil dan membuat kerugian pemiliknya. Langkah antisipasi terhadap mobil dengan transmisi matik perlu dilakukan melalui langkah darurat dan tidak bisa sembarangan.

Langkah awal penyelamatan mobil transmisi matik yang terendam banjir menurut Hermas Prabowo, Wornes Matic akan mengurangi kerugian material yang lebih besar karena jika melakukan kesalahan evakuasi mobil dengan cara yang tidak benar akan berdampak banyaknya kerusakan pada komponen mobil.

 Mobil banjir

"Diperlukan langkah tepat bagi pemilik mobil dengan transmisi matik dalam mengevakuasi mobilnya yang terendam banjir. Hal tersebut untuk mengurangi risiko kerugian yang lebih besar dari biaya service yang akan dilakukan nantinya," ungkap Hermas.

 mobil banjir

Ia menambahkan, untuk melakukan evakuasi mobil dengan transmisi matik, langkah pertama lakukan evakuasi dengan cara pindahkan gear persneling ke posisi netral melalui tombol shift lock. Jangan nyalakan stater mobil untuk mobil yang terendam banjir.

 Tips & Trick mobil banjir

Arus kelistrikan yang terjadi saat starter dilakukan akan berdampak terjadinya korsleting yang justru memperparah kondisi mobil tidak bisa dihidupkan. "Jangan pernah starter mobil ataupun menjumper aki karena bisa terjadi korsleting," tambahnya.

(muf)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini