nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menguak Mobil Matik yang Terendam Banjir Tidak Boleh Langsung di Starter

Mufrod, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 12:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 02 52 2148444 menguak-mobil-matik-yang-terendam-banjir-tidak-boleh-langsung-di-starter-NG7IAoK9aA.jpg Mobil terendam banjir (foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Banyaknya mobil yang terendam banjir di Jakarta, membuat pemilik yang ingin langsung mengamankan mobilnya ke tempat aman. Namun untuk melakukan evakuasi mobil dengan transmisi matik ke tempat aman tidak boleh langsung di hidupkan.

Menurut Hermas Prabowo dari Worner Matic, mobil dengan transmisi matic seluruh pengendaliannya mengandalkan sistem elektrical. Sehingga jika terjadi korsleting setelah mobil terendam banjir, akan berpengaruh pada kerusakan yang lebih parah.

 mobil matik terendam banjir

Terjadinya korsleting sendiri membuat sistem yang menyokong perangkat transmisi matik, akan mati dan membuat kerusakan pada beberapa komponen yang terdapat di dalam transmisi matik. Karenya untuk mengevakuasi mobil dengan transmisi matik perlu dilakukan beberapa tahapan, diantaranya:

 Mobil terendam banjir matik

1. Pindahkan tuas gear ke posisi netral dengan cara menekan tombol shift lock yang ada di bagian tuas transmisi. Pada model manual, gunakan kunci starter untuk mengaktifkan shift lock agar tuas transmisi bisa berpindah ke posisi netral.

2. Jangan menyalakan mesin dengan cara menstarter mobil karena bisa berdampak terjadinya korsleting.

3. Lepas konektor pada baterai atau aki mobil untuk memutus arus listrik pada mobil. Langkah ini dilakukan untuk memastikan tidak adanya arus yang tersalurkan ke mobil.

 Mobil terendam banjir

4. Dorong mobil ke tempat lebih aman, dan angkut mobil ke bengkel menggunakan towing atau mobil derek. Pastikan memilih bengkel spesialis transmisi matik, agar biaya perbaikan tidak membengkak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini