nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jangan Asal Terobos, Ini Batas Maksimum Mobil Sedan saat Libas Banjir

Nizar, Jurnalis · Kamis 02 Januari 2020 13:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 02 52 2148474 jangan-asal-terobos-ini-batas-maksimum-mobil-sedan-saat-libas-banjir-RDmGgMOOiI.jpg Mobil libas genangan banjir di jalan (foto: Okezone/Heru Haryono)

JAKARTA - Banjir yang menggenang di beberapa wilayah Jakarta, membuat banyak pemilik mobil sedan memaksakan diri menerobos banjir tanpa memperhitungkan kedalaman banjir yang akan dilaluinya.

Namun sebelum menerjang genangan banjir yang akan dilaluinya, pengemudi baiknya memperhitungkan jarak aman kendaraan dengan ketinggian air yang akan diterobosnya. Hal ini agar ketinggian air tidak melebihi batas aman mesin, dan menghindari terjadinya masalah teknis yang berdampak mobil mogok di tengah banjir.

 Mobil libas banjir

Menurut Hermas Efendi Prabowo pemilik bengkel Worner matic mengatakan, pada dasarnya semua jenis mobil termasuk sedan masih bisa menerobos banjir asal memperhitungkan batas aman kedalaman air dengan posisi mesin.

 mobil libas banjir

“Supaya mobil sedan kuat untuk menerobos banjir adalah lihat ketinggian air dari banjir dengan batas aman setinggi roda. Jika lebih dari itu sebaiknya para pengendara jangan memaksakan diri untuk menerobos dan pilih jalur lain yang lebih aman,” ungkapnya saat dihubungi Okezone, Kamis (2/1/2020).

Ia juga menambahkan bahwasannya jika pada saat menerjang banjir pastikan jaga kecepatan mobil agar tetap stabil, lalu pindahkan transmisi di gigi rendah, dan jalankan mobil di putaran mesin 2.000 rpm. Hal ini tentunya bertujuan agar air pada banjir tersebut tidak masuk ke ruang mesin yang mengakibatkan mobil menjadi mogok.

Jika pengendara tersebut berhasil melewati banjir, sebaiknya mobil tidak dijalankan pada kecepatan tinggi terlebih dahulu dan lakukan pengereman sambil berjalan.

 Mobil libas banjir

“Hal ini berfungsi untuk mengembalikan fungsi rem secara normal. Karena setelah menerobos banjir biasanya terdapat air yang menempel dan air tersebut yang mengganggu kinerja dari rem,” ujar Hermas Efendi Prabowo.

Jika para pengendara main asal terobos tanpa mempertimbangkan terlebih dahulu, tentunya mobil tersebut mempunyai dampak yang serius dan bisa saja mesin menjadi rusak berat karena air masuk pada bagian yang vital.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini