nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Modifikasi Honda Drax Jadi Chopper 'Cebol'

Medikantyo, Jurnalis · Sabtu 04 Januari 2020 10:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 04 312 2149178 modifikasi-honda-drax-jadi-chopper-cebol-nsKxxMOfnb.jpeg Tampilan motor cebol Honda Dax yang mengusung gaya chopper (Foto: Okezone.com/Istimewa)

WELLINGTON - Gaya modifikasi motor ala chopper rupanya bisa diterapkan secara optimal, meskipun berbekal dasar mesin motor kecil. Gubahan motor choppper cebol dari Selandia Baru berikut ini menjadi contohnya, menggunakan dasar rangka dan mesin buatan motor Honda Dax buatan 1970.

Gubahan motor bergaya chopper cebol ini, merupakan ide modifikator Hogan Jeffs yang kerap menggarap model Honda Dax. Walaupun ini adalah kesempatan pertama merombak total gaya motor cebol tersebut menjadi versi custom, dengan ciri khas garpu depan memanjang tersebut.

 Modifikasi motor

Komponen garpu depan yang dipasangkan pada motor tersebut, berasal dari model Honda CT90. Hogan selanjutnya menyesuaikan modifikasi gaya chopper dengan membuat kerangka baru, termasuk memotong jarak sumbu roda dan menempatkan aksen tambahan pada bagian buritan motor tersebut.

Hogan juga membuat sejumlah komponen untuk mendukung gaya aliran chopper, sekaligus menunjang kenyamanan berkendara. Utamanya dengan membuat jok custom berbahan kulit menyesuaikan bentuk fender roda belakang, begitu juga dengan pemasangan dudukan lampu utama yang bertema klasik

Rangkaian mesin yang digunakan masih berupa bawaan standar dari Honda CT70 tersebut, dengan tipe OHC menggunakan aliran udara sebagai pendinginnya. Sebelumnya, Hogan juga mengubah pengaturan model perangkat pembakaran mesin motornya, dengan memakai sistem karburator ganda.

Seluruh tenaga dari mesin tersebut disalurkan melalui model transmisi tiga percepatan, yang juga dilengkapi komponen unik berupa tuas pemindah transmisi. Tangki bahan bakar juga dikerjakan ulang dengan bentuk ramping, sesuai dengan alur rangka utama dan lubang pengisian di ujung depan.

 Honda Dax

Motor custom cebol ini menggunakan roda belakang dari spesifikasi mobil Fiat Bambino, yang disesuaikan pada sistem penggerak motor ini. Sementara tampilan ramping pada kaki-kaki depan, berasal dari pemasangan roda serta jeruji roda spesifikasi sepeda BMX.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini