Pemilik Mobil Banjir Ternyata Tak Langsung Jual Kendaraannya, Ini Penjelasannya

Medikantyo, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 06 52 2149721 pemilik-mobil-banjir-ternyata-tak-langsung-jual-kendaraannya-ini-penjelasannya-lRnDWBTmcr.jpeg Ilustrasi mobil terdampak banjir di kawasan sekitar Jakarta (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Bencana banjir yang menimpa sejumlah wilayah, turut berakibat pada kondisi kendaraan pribadi milik warga. Setelah kondisi banjir surut, pembersihan dan pemeriksaan kerusakan mobil menjadi salah satu hal wajib bagi pemilik kendaraan tersebut.

Perbaikan kendaraan juga menentukan langkah yang diambil oleh pemiliknya di waktu mendatang. Jika memungkinkan, mobil terdampak banjir tersebut akan dipakai seperti biasa. Namun, tidak jarang pemilik unit kendaraan tersebut dilepas ke bursa mobil seken.

 Mobil banjir

Keputusan untuk menjual kendaraan setelah terkenda dampak banjir, tidak akan segera dilakukan. "Biasanya pemilik kendaraan masih akan fokus mengusahakan pembersihan dan perbaikan dulu, sebelum menjual ke pasar," kata Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Kendaraan pribdai terdampak bencana banjir biasanya baru dijual oleh pemiliknya, setelah permasalahan kendaraan tak bisa lagi diperbaiki. Penjualan berkisar tiga sampai enam bulan selepas terdampak bencana, bergantung pada kondisi kendaraan setelah dilakukan perbaikan.

Tren penjualan mobil tedamapak banjir sendiri tidak selalu dapat terdeteksi di pasar mobil bekas. "Langkah menjual mobil tidak dapat dengan mudah diprediksi, begitu juga yang masuk ke bursa karena terdampak banjir," ujar Herjanto saat dihubungi Okezone.

Terlepas dari belum terbacanya tren penjualan mobil terdampak banjir ini, Herjanto menyebut hal tersebut wajar. Kekhawatiran pengguna terhadap kondisi kendaraan dalam jangka waktu panjang, membuat mayoritas memutuskan untuk langsung melepas dengan kondisi seadanya.

 Mobil Banjir

Hal yang pasti disiapkan oleh pemilik kendaraan adalah potensi penurunan harga akibat dampak banjir pada kondisi mobil. "Tentunya pasti mengalamai penurunan harga, bervariasi bergantung pada kondisi dan merek mobilnya," kata Herjanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini