nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal Hagglunds Bandvagn 206 Mobil Taktis Tangguh Segala Medan Milik PMI

Nizar, Jurnalis · Senin 06 Januari 2020 13:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 06 52 2149765 mengenal-hagglunds-bandvagn-206-mobil-taktis-tangguh-segala-medan-milik-pmi-7xhIl4mphS.jpg Hugglunds Bandvagn 206 milik PMI (foto: Ist)

JAKARTA - Kendaraan mirip tank ini bernama Hagglunds Bandvagn 206 dikembangkan sebagai kendaraan taktis (rantis) yang digunakan militer Swedia. Sosok rantis imut beroda rantai ini identik dalam penanganan pasca bencana alam. 

Saat tim SAR masuk medan berat, Hagglunds Bandvagn 206 (Bv206) inilah yang langsung diterjunkan. Entah untuk melalukan evakuasi atau membawa logistik di wilayah yang sulit dilalui kendaraan konvensional. 

Meski lebih moncer digunakan tim PMI (Palang Merah Indonesia), sejatinya rantis asal Swedia ini juga dimiliki oleh Grup 2 Kopassus (Komando Pasukan Khusus) TNI AD dan Satuan Pelopor Polri.

Medan berat tertutup lumpur yang tak bisa dilalui mobil biasa bahkan mobil dengan penggerak 4x4 bisa digantikan perannya oleh Hagglunds ini.

mobil PMI

Selain memiliki kemampuan melibas medan berat, Hagglunds dibekali dengan mesin V6 dari Ford Cologne yang berkapasitas 2.800 cc, Hagglunds mampu mendobrak tenaga sebesar 132 hp dan tenaga tersebut disalurkan melalui transmisi otomatis 4 percepatan yang biasa digunakan oleh pabrikan asal Jerman Merceds-Benz.

Mobil PMI

Dari segi dimensi, mobil ini mempunyai panjang 6.9 meter yang termasuk dengan trailernya. Lebar mobil ini mencapai  1,87 meter, dan tinggi 2,4 meter. Sementara bobot keseluruhan mencapai 4.5 ton dan mampu mengangkut beban hingga 630 kg serta 1.610 kg pada bagian trailernya.

PMI sendiri akan menerjunkan dua unit Hagglunds untuk melancarkan dan membantu penanggulangan bencana banjir bandang di Sukajaya Kabupaten Bogor dan di Cipanas Kabupaten Lebak Banten. 

Kendaraan-kendaraan ini didatangkan langsung dari gudang regional PMI Serang dan Gudang Bukaka Cileungsi. Kendaraan taktis tersebut diangkut menggunakan sebuah mobil truk trailer ke dua lokasi bencana. 

Nantinya Hagglunds ini akan dipergunakan untuk membantu proses evakuasi korban bencana serta distribusi barang-barang logistik seperti pakaian, makanan, dan obat-obatan ke wilayah yang terkena banjir dan tidak dapat dilalui oleh kendaraan roda empat ataupun roda dua.

 Mobil PMI

Kedua unit kendaraan taktis yang digunakan PMI ini merupakan sebuah kendaraan yang berjenis amfibi yang biasa digunakan di kalangan militer ataupun SAR. 

Dengan desain roda yang sama dengan sebuah tank, kendaraan ini dinilai mampu melibas semua medan yang akan dilaluinya. 

Trailer pada bagian belakang sangat berguna untuk mengevakuasi para korban bencana maupun mengangkut barang logistik. (MUF)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini